Pesona Wisata Alam Gunung Papandayan Garut

0
23

Wisata Gunung Papandayan adalah salah satu objek wisata alam yang disukai banyak orang. Kawasan wisata gunung papandayan ini mampu mengundang keindahan lingkungan alam yang asri diantaranya terdapat kawah bekas letusan gunung berapi yang cukup luas, padang tegal edelweiss yang luas dan hutan mati.

Buat kalian yang punya hobby camping dan hiking tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi, selain menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat indah, Gunung Papandayan ini termasuk objek wisata yang memiliki daya tarik salah satunya terdapat kawah diantaranya kawah baru, kawah manuk, kawah mas, dan kawah nangklak. Kawah – kawah ini dapat mengeluarkan uap di dalamnya.

Lokasi Gunung Papandayan

Objek wisata alam Gunung Papandayan termasuk objek wisata yang berlokasi di Desa Sirnajaya Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut Jawa Barat. Gunung Papandayan memiliki ketinggian kurang lebih 2665 meter dpl, salah satu tempat yang sangat mudah di daki dan hiking. Untuk topografi salah satu daerah perbukitan, tempat yang curam dan tebing yang terjal. Nah, disini anda bisa menikmati sejuknya alam dan pemandangan yang indah.

Transportasi Menuju Lokasi Gunung Papandayan

Akses menuju gunung papandayan cukup mengarah ke jalan Cisurupan Garut atau searah ke jalan lokasi pantai santolo. Dari Kecamatan Cisurupan kurang lebih 25 kilometer dari arah kota Garut, disana menemukan jalan Papandayan yang tepat berada di pinggir Mesjid Agung Cisurupan.

Untuk akses jalan menuju lokasi tersebut mudah dijangkau dan langsung menuju tempat parkir utama.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Papandayan

Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini, maka anda akan menikmati panorama kawah yang memiliki luas kurang lebih 10 ha. Lokasi kawah tersebut putih dan sangat gersang sekali.namun dikelilingi hutan hijau dan udara yang sejuk. Selain menawarkan keindahan kawah putih, Gunung Papandayan mempunyai tempat yang unik diantaranya kolam bekas letusan gunung berapi yang terdapat di pinggir kawah, tempat untuk camping yaitu pondok saladah dan area hutan mati akibat letusan dulu.

Info Lainnya:  POTENSI WISATA DI SULAWESI BARAT YANG TAK KALAH MENARIK

Selanjutnya Gunung Papandayan menawarkan keindahan alam yang bagus banget salah satunya padang edelweiss tegal alun yang terluas di Indonesia. Nah, disini anda bisa berfoto dengan pemandangan yang terbentang luas dan enak dipandang. Jika ada yang ingin mendaki, akses jalan Gunung Papandayan termasuk mudah bagi pemula dan tidak banyak tanjakan yang berbahaya atau sulit dilewati. Begitupun yang belum pernah sama sekali mendaki, bisa melewati kawasan kawah papandayan hingga tempat edelweiss tegal alun dalam waktu satu hari.

Aktifitas Wisata Gunung Papandayan

  1. Tracking dan adventure

Jika anda yang mempunyai hobby tracking dan adventure, tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Disini banyak trak yang keren – keren bahkan para expert bisa memilih tantangan yang amatir.

  1. Tempat Camping

Nah, selain melihat pemandangan kawah hal yang menarik disini anda bisa berkemah sambil menikmati keindahan alam saat pagi, siang, sore dan malam.

  1. Fotograpy

Selain menikmati panorama kawah Gunung Papandayan, tempat ini cocok sekali untuk swafoto atau selfie. Adapun untuk para pecinta sunrise dan sunset bisa anda tunggu disini.

  1. Kawah

Yang paling utama untuk berwisata kesini yaitu melihat keindahan kawah yang begitu menakjubkan. Disini anda dapat menimati kawah yang membentang luas sehingga para pengunjung mudah untuk mengeksplor kawah dengan jarak dekat.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Adapun fasilitas – fasilitas yang di sediakan di Lokasi Gunung Papandayan diantaranya

  1. Tempat parkir
  2. Saung bambu
  3. Mesjid
  4. Toilet
  5. kolam rendam air panas
  6. Menara pandang
  7. Area berselfie
  8. Hotel atau Penginapan

Berikut harga Tiket Masuk ke lokasi Gunung Papandayan:

Jenis tiket

  1. Wisatawan Mancanegara : Rp. 200.000
  2. Wisatawan Nusantara : Rp.   20.000
  3. Rombongan Pelajar : Rp.   18.000
  4. Kendaraan Roda Empat  : Rp.   35.000
  5. Kendaraan Roda Dua : Rp.   17.000
  6. Kendaraan Roda Enam : Rp. 150.000
  7. Sepeda : Rp.   10.000
Info Lainnya:  Review Taman Bunga Nusantara