Pesona Wisata Pantai Sendiki Malang Yang Sangat Indah

0
119

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan tempat pilihan tujuan wisata yang tidak terbilang. Semua jenis objek wisata disini hampir ada. Seperti wisata sejarah, wisata alam, wisata mistis dan wisata edukasi. Salah satu tempat tujuan utama wisatawan yaitu pantai. Malang memiliki garis pantai yang cukup panjang, hingga membentang sekitar 77 km. salah satunya yaitu pantai sendiki.

Terdapat 14 pantai yang masuk ke dalam daerah Kabupaten Malang, sehingga pantai – pantai tersebut dikelola sangat baik oleh Pemerintah Daerah dan Masyarakat sekitarnya. Jika kalian ingin berlibur ke pantai, tetapi tidak suka dengan keramaian atau banyak pengunjung lainnya, atau bosan dengan pantai yang itu – itu saja? Coba saja kunjungi pantai sendiki. Pantai ini menawarkan berbagai pemandangan yang sangat indah. Terdapat pasir putih yang alami  dan cukup menawan meskipun tampak sepi dan melewati ke sana pun sangat menguras tenaga.

Pantai Sendiki mempunyai keindahan yang sangat mempesona, dan hal yang menarik pantai ini masih alami, suasananya cukup sepi dan bersih. Pantai Sendiki dihiasi oleh hamparan pasir putih yang sangat luas disertai bebatuan diberbagai area pantai. Pantai ini terasa nyaman dan cocok sekali untuk menghilangkan rasa penat. Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di pulau jawa, pantai sendiki masih bisa digunakan untuk berenang dan bermain air di area pinggir pantai. Hal yang menarik dari pantai ini,  suasana hati yang betah yaitu terdapat hutan yang masih lebat dan mengelilingi kawasan pantai tersebut. Sehingga sangat cocok bagi yang ingin bersantai karena pantai ini tidak begitu panas yang berbeda dengan pantai lainnya yang sekedar ditumbuhi tumbuhan perdu di area pantai.

Info Lainnya:  10 Destinasi Wisata Di Jakarta Liburan Menyenangkan Bareng Keluarga

Lokasi Pantai Sendiki

Pantai Sendiki berlokasi di Kampung Tambakrejo, Kecamatan Sumbermajing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Sendiki bersebelahan dengan Pantai Tamban yang berjarak sekitar 2 km. Jadi, jika ingin berlibur ke Pantai Sendiki anda akan berkunjung ke 2 pantai sekaligus. Untuk dari kota malang, objek wisata ini berjarak 68 kilo meter atau dapat dijangkau selama kurang lebih 2 jam.

Jalan Menuju Lokasi Wisata Pantai Sendiki

Untuk menuju ke pantai sendiki, kendaraan umum masih belum bisa melintasi kawasan tersebut. Salah satu yang dapat melintasi pantai tersebut diantaranya hanya kendaraan pribadi. Jalur yang dapat digunakan untuk menuju lokasi pantai sendiki yaitu jalur dari Kota Malang – Pakishaji, dilanjutkan ke arah kepanjen dan kemudian ke arah Gondanglegi. Lalu dilanjutkan menuju arah Turen sampai Sumbermanjing wetan. Nah, dari arah ini kalian ikuti saja jalur menuju ke lokasi Pantai Tamban yang berada di kampung Tambakrejo.

Tiba di area Pantai Tamban, perjalanan selanjutnya menuruni jalan sampai kalian menemukan lokasi pertigaan. Selanjutnya belok ke arah kiri, dari pertigaan tidak jauh dari tempat pos kamling dan pilih arah ke sebelah kanan. Dari pos kamling kalian akan mendapat tantangan dan cukup bersabar dikarenakan jalan ini hanya masuk untuk sepeda motor, jadi yang menggunakan kendaraan pribadi cukup menitipkan mobil di sekitar rumah penduduk. Begitupun dengan kondisi jalan tersebut lumayan rusak dan di sebagian titik – titik tempat masih tanah berlumpur, sehingga jika hujan jalan tersebut sangat licin. Sesudah melewati perjalanan sekitar 3 km, maka kalian telah sampai di pantai sendiki.

Fasilitas Wisata Pantai Sendiki

Salah satu tempat wisata yang baru di buka atau masih baru, demikian pantai tersebut dikelola oleh Pemerintah penduduk sekitar. Oleh karena itu, fasilitas yang disediakan hanya berupa mushola, toilet, tempat mandi umum, tempat berkemah dan warung – warung warga yang hanya menjual makanan dan minuman saja. Namun tempat tersebut ditata dengan baik dan rapi. Penduduk disana pun bekerja sama untuk melestarikan dan menjaga kawasan pantai sendiki. Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya ayunan dari kayu, gazebo, pos jaga, dan tempat untuk berteduh. Begitupun pengelola disana menyediakan tempat untuk bermalam seperti cottage kecil yang di gantung di atas pohon area pantai.

Info Lainnya:  Pantai Karang Paranje: Pantai Di Garut Dengan Pemandangan Eksotis Menyerupai Tanah Lot Bali

Objek Wisata Pantai Sendiki Malang

  1. Berkemah di Pinggir Pantai

Nah, buat kalian yang ingin beristirahat lama sambil menikmati keindahan pantai yang dihiasi hamparan pasir putih, kalian dapat bermalam dengan berkemah. Dikarenakan dataran pantainya cukup luas dan lumayan jauh dari bibir pantai, ada beberapa wahana yang bisa digunakan dalam mendirikan tenda agar aman dan nyaman.

Buat kalian yang tidak membawa tenda, tidak usah khawatir kalian dapat menyewa tenda kepada pengelola pantai hanya cukup membayar sebesar Rp. 75.000,- tenda yang bermuatan 4 – 5 orang. Jika kalian membawa sendiri, maka dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,-.

  1. Mitos tentang Pantai Sendiki

Menurut kepercayaan penduduk sekitar pantai sendikin, dahulunya pantai ini ditemukan oleh empat orang yang bersahabat. Tiga diantaranya yang setuju membagi lahan yang telah di patok kayu untuk menandakan wilayah masing – masing. Demikian orang yang terakhir, yang bernama Mbah Singo lelono kebingungan saat memilih wilayahnya. Lalu dia bertanya pada ketiga sahabatnya itu, dan akhirnya Mbah Singo Lelono pun merasa kesal dan sambil menancapkan patok kayu yang berada disekitar yang pada saat ini bernama pantai sendiki. Namun entah benar atau tidak berita tersebut, tetapi apabila kita berjalan ke arah kiri pinggir pantai, pasti akan menemukan sebuah makam dari batu dan bertulisan ( singo lelono ). Batu makam tersebut dianggap kepercayaan penduduk sekitar sebagai leluhur pada zaman dulu.

  1. Menikmati Keindahan Pantai

Karena berada di wilayah Selatan Pulau Jawa, ombak di pantai ini cukup besar. Namun kalian bisa berenang di tepi pantainya. Selain menikmati pemandangan yang indah, air di pantai ini sangat jernih begitupun juga kalian bisa bersantai di atas hamparan pasir putih dan sekalian sambil berteduh yang dikelilingi hutan lebat. So, kalian pasti betah dan ingin berlama – lama di sini bukan?

  1. Homestay
Info Lainnya:  15 CURUG DI BOGOR BERIKUT TINGKAT KESULITANNYA

Bila kalian kurang suka berkemah namun ingin menikmati indahnya pantai lebih lama, di sini menawarkan jasa homestay di beberapa rumah warga. Dan tentunya kalian akan mempunyai pengalaman yang tidak untuk dilupakan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Sendiki

Bagi pengunjung yang datang kesini dikenakan tarif masuk sekitar Rp. 5.000 per orang, biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per motor atau Rp. 10.000 bagi yang menginap.

Hotel atau Penginapan di Sekitar Pantai Sendiki

Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota dan ingin mencari tempat peristirahatan untuk berlibur berlama – lama di sini. Jangan khawatir, di kawasan Pantai Sendiki telah menyediakan Hotel atau penginapan yang jaraknya tidak jauh dengan area Pantai sendiki. Soal harga tidak begitu mahal, fasilitasnya pun sangat baik dan nyaman untuk kalian yang ingin berlibur.