POTENSI WISATA DI SULAWESI BARAT YANG TAK KALAH MENARIK

0
104

Jika berbicara tentang destinasi wisata di Sulawesi, mungkin Sulawesi Barat memang belum sepopuler provinsi lainnya di pulau yang sama seperti Sulawesi Selatan misalnya. Namun, provinsi Sulbar juga memiliki banyak potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Sebelum membahas tentang berbagai atraksi wisatanya, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang karakteristik provinsi Sulbar terlebih dahulu.

Sulawesi Barat memang bisa dibilang provinsi baru karena ia baru terbentuk secara resmi pada tanggal 5 Oktober 2004. Jika dibanding provinsi lainnya memang bisa terbilang baru sehingga wajar saja jika popularitasnya juga belum begitu memuncak. Provinsi Sulawesi Barat ini sendiri memiliki ibukota Mamuju. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 16.787 kilometer persegi. Di awal terbentuknya provinsi ini, ia hanya terdiri dari 5 kabupaten. Namun di tahun 2012, jumlah kabupaten di Sulbar juga semakin bertambah. Mayoritas suku di provinsi ini ialah Suku Mandar yang hampir terdiri dari hampir 50%. Suku selanjutnya yang mendominasi ialah suku Toraja dengan total hampir 14%. Suku selanjutnya yang ada di provinsi Sulbar ini juga termasuk Bugis, Jawa, Makassar, dll. Hasil bumi yang paling populer disini ialah kopi, disusul dengan kelapa dan cengkeh. Sedangkan di sektor pertambangan ada minyak bumi, emas, serta batu bara. Itulah sekilas tentang profil Sulawesi Barat untuk menambah wawasan tentang provinsi ini sebelum berwisata ke berbagai tempat andalannya.

Destinasi Wisata Di Sulawesi Barat Yang Menarik

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa provinsi Sulbar terus dibangun pada berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata. Sehingga, Sulbar sekarang ini menjadi destinasi wisata yang menjanjikan bagi para travelers. Bagi travelers yang ingin berkunjung ke Sulawesi Barat namun bingung dengan pilihan objek wisatanya, berikut beberapa rekomendasi destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan:

Pantai Manakarra

Sulawesi Barat punya berbagai potensi wisata bahari yang memikat mata wisatawan. Salah satu diantara yang paling terkenal ialah Pantai Manakarra. Spot wisata eksotis ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak sampai lansia. Yang tidak kalah menarik dari suasana pantainya ialah pemandangan yang terlihat di tepi pantai dimana tulisan raksasa bertuliskan Pantai Manakarra menjadi spot ideal untuk berfoto dengan background pantai yang indah. Masih disekitar lokasi, ada juga tugu atau monumen yang mempercantik suasana. Kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini memilih pagi atau sore menjelang malam. Tidak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan pengunjung untuk bisa menikmati suasana di pantai. Untuk fasilitasnya sendiri, disini terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk berbagai kendaraan serta berbagai kios makanan bagi pengunjung yang merasa lapar sehabis bermain di pantai.

Pantai Lombang-Lombang

Nama pantai ini memang sangat unik. Lokasinya berada sekitar 30 km dari pusat kota Mamuju. Yang menarik dari pantai ini dibanding pantai lainnya ialah warna pasir pantainya yang cenderung lebih gelap. Pasir hitam di pantai ini memiliki tekstur yang halus sehingga pengunjung bisa dengan nyaman jalan-jalan disekitar pantai meskipun bertelanjang kaki. Volume ombak di pantai ini juga terbilang rendah sehingga aman untuk dijadikan spot renang dan olahraga air lainnya. Disini juga sudah disediakan berbagai peralatan untuk bermain air sepuasnya yang bisa disewa. Misalnya saja pelampung disewakan dengan harga sekitar Rp 5.000. sedangkan untuk menyewa gazebo pengunjung harus membayar Rp 25.000. Direkomendasikan untuk berkunjung ke Pantai Lombang-Lombang ini saat akhir pekan karena biasanya di waktu tersebut pengelola sering menggelar berbagai pertunjukkan kesenian berupa live musik maupun pentas seni lainnya tanpa mengharuskan pengunjung untuk membayar tiket.

Info Lainnya:  Menikmati Hidangan Pinisi Resto

Pantai Dato

Sulawesi Barat masih punya banyak pantai andalan sebagai destinasi wisata, salah satunya Pantai Dato. Ia berlokasi di dusun Pangale, kelurahan Baurung, kecamatan Banggae Timur, kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Yang menarik dari pantai ini ialah karena lokasinya yang diapit oleh bukit disisi kanan dan kirinya. Sehingga pengunjung juga bisa naik ke bukit untuk melihat view pantai dari ketinggian. Selain itu, Pantai Dato juga memiliki pasir pantai berwarna putih dengan tekstur lembut. Kemudian, ada juga tebing karang yang berukuran cukup besar dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Jika berani, maka pengunjung bisa mencoba menaikinya meskipun tetap harus berhati-hati. Biasanya pengunjung menaiki puncak karang untuk bisa menikmati suasana indahnya sunset. Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap seperti toilet umum, penginapan, area parkir,serta tempat makan. Tidak ada tiket masuk untuk bisa mengakses pantai ini dan biaya parkir kendaraan pun biasanya diberikan seikhlasnya oleh pengunjung.

Pantai Palippis

Pantai selanjutnya yang menjadi andalan pariwisata Sulawesi Barat ialah Pantai Palippis. Ia berlokasi di desa Bala, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Yang menarik dari pantai ini ialah ia dikelilingi oleh perbukitan hijau nan asri sehingga menambah suasana tenang dan damai ketika berkunjung kesini. Disini juga terdapat tebing karang cukup fantastis dan memiliki ketinggian mulai dari 30 sampai 80 meter. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang menambah keindahannya. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan lokasi ini dengan memotretnya dari berbagai sudut. Landscape laut lepas akan lebih indah ketika dilihat dari atas tebing. Namun sangat dianjurkan untuk berhati-hati jika hendak menaiki tebing karang karena memiliki ketinggian yang cukup berbahaya. Di pantai ini juga ada dermaga yang biasa pengunjung gunakan sebagai spot foto yang instagrammable. Selain menikmati pantainya, pengunjung juga bisa berkunjung ke Goa Kelelawar yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Palippis yaitu diatas bukit di dekat pantai. Fasilitas di spot wisata ini cukup lengkap seperti lahan parkir, toilet umum, sampai tempat makan. Tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 2.000/orang. Pengunjung juga diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Pulau Karampuang

Potensi wisata bahari selanjutnya di Sulawesi Barat ialah Pulau Karampuang yang memiliki kekayaan biota laut yang luar biasa. Selain biota lautnya, spot wisata ini juga punya atraksi lainnya yang memikat pengunjung yaitu dermaga kayu yang dibangun dari tepi pantai dan menjorok ke laut dengan panjang sekitar 500 meter. Selain itu, di spot wisata ini juga terdapat sumur tiga rasa yag sudah populer. Nama lain dari sumur tiga rasa ialah sumur tiga jodoh. Masih disekitar lokasi yang sama, terdapat pula objek wisata unik Goa Lidah, yang memiliki mulut goa yang sempit namun ukuran dinding didalamnya luas dan kokoh. Kegiatan yang paling cocok dilakukan di Pulau Karampuang ini tentu saja snorkeling untuk bisa melihat langsung keindahan biota lautnya yang eksotis. Pulau ini berlokasi di kecamatan Mamuju, kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Tiket masuknya gratis dan pengunjung hanya harus membayar biaya sewa perahu motor sekitar Rp 20.000 untuk sekali jalan. Berbagai fasilitas disini termasuk penginapan, spot diving dan snorkeling, toilet umum, lahan parkir, dll.

Info Lainnya:  15 Destinasi Wisata Madiun Yang Populer Dan Wajib Anda Kunjungi

Pulau Gusung Toraja

Satu lagi objek wisata pulau di provinsi Sulawesi Barat yang sayang untuk dilewatkan, Pulau Gusung Toraja. Pulau ini sejatinya tidak berpenghuni namun memang dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Sehingga disarankan bagi pengunjung untuk membawa perbekalan yang lengkap untuk berkunjung ke pulau ini baik itu perbekalan makanan, pakaian ganti, maupun perlengkapan renang atau snorkeling. Ini karena di spot wisata ini tidak ada fasilitas seperti tempat makan ataupun toko-toko. Namun dengan suasana yang tenang dan eksotis, pulau ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk berileksasi menghilangkan penatnya hiruk pikuk perkotaan. Disini juga pengunjung disarankan untuk menikmati momen sunrise atau sunset yang indah. Pulau ini berlokasi tepatnya di desa Tonyaman, kecamatan Binuang, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar pengunjung untuk bisa mengakses Pulau Gusung Toraja. Hanya saja, pengunjung harus membayar sewa perahu untuk mencapai pulau dengan biaya sekitar Rp 200.000-300.000.

Air Terjun Indo Rannuang

Masih seputar objek wisata air, berikutnya ada Air Terjun Indo Rannuang. Ia berlokasi di desa Kunyi, kecamatan Areapi, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dari kota Polewali, air terjun ini berjarak kurang lebih 8 km saja. Air terjun ini menyajikan keindahan air yang terjun dari ketinggian tebing dan di bingkai dengan suasana alam disekitarnya yang hijau dan asri. Terlebih, aliran sungai Limbong Sitodo dibawahnya membuat suasana di air terjun lebih dramatis. Pengunjung bisa menikmati liburan disini dengan berendam maupun berenang. Lokasinya aman karena disekitar air terjun terdapat bebatuan sehingga tidak akan mudah terbawa arus. Yang paling menarik dari air terjun ini ialah airnya yang jernih, bersih, dan menyejukkan. Tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Rannuang. Hanya saja pengunjung harus mengeluarkan ongkos jasa ojek yang cukup mahal sekitar Rp 40.000. ini karena lokasi lebih mudah diakses menggunakan motor dibanding kendaraan lain.

Air Terjun Limbong Kamandang

Ada juga air terjun lainya di Sulawesi Barat yang merupakan spot wisata menarik untuk dikunjungi, Air Terjun Limbong Kamandang. Ia berlokasi di desa Kurra, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dari kota Polewali, air terjun ini berjarak sekitar 35 km. Air terjun disini memang tidak memiliki ketinggian yang fantastis, namun bentuk air terjun yang sedikit berkelok ditambah dengan tebing raksasa di sekitarnya yang juga dialiri air membuat air terjun ini menyajikan pemandangan yang indah. Dibawah air terjun, terdapat bebatuan yang terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Sehingga pengunjung bisa bersantai menikmati cipratan air terjun sambil duduk diatas bebatuan. Tidak jauh dari lokasi air terjun, pengunjung juga bisa mencoba berkunjung ke lokasi agrowisata dimana terdapat perkebunan buah-buahan yang bervariasi. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar pengunjung untuk bisa menikmati suasana Air Terjun Limbong Kamandang ini sehingga bisa berkunjung kapanpun sepuasnya.

Info Lainnya:  Wisata Di Tegal Terbaru

Air Terjun Tamasapi

Satu lagi air terjun andalan di Sulawesi Barat yaitu Air Terjun Tamasapi yang berlokasi di dusun Tamasapi, desa Mamunyu, kecamatan Mamuju, Kota Mamuju, Sulwesi Barat. Yang unik dari destinasi wisata ini ialah air terjunnya yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Dibawah air terjun terdapat bebatuan bertingkat yang membuat aliran air terlihat lebih indah. Untuk bisa mencapai lokasi, pengunjung akan diharuskan untuk berjalan kaki sejauh 1 km. Yang menarik lainnya ialah jika musim durian tiba maka penduduk setempat akan menjajakan durian dengan harga yang murah disekitar lokasi. Sehingga pengunjung bisa bermain air disekitar air terjun sambil menikmati buah durian. Karena air terjun memiliki ketinggian yang membahayakan, sangat disarankan untuk tidak bermain tepat dibawah aliran air terjun. Aliran air cukup deras sehingga dianjurkan untuk bermain air disekitar bebatuan untuk menghindari resiko terkena jatuhan batu atau kerikil dari atas tebing yang terbawa aliran air terjun yang mengalir deras.

Anjoru Pitu

Bagi travelers yang senang dengan fotografi, maka Anjoru Pitu merupakan destinasi wisata yang tepat. Ini karena spot wisata di Sulawesi Barat yang satu ini menyajikan landscape kota di Mamuju yang indah dari ketinggian. Sehingga daya pandang lebih luas dan sangat ideal untuk mengambil berbagai gambar menarik. Anjoru Pitu sendiri memiliki arti Kawasan Kelapa Tujuh. Spot wisata ini berupa perbukitan yang dikelilingi dengan suasana hijau. Dari bukit inilah, pengunjung akan menikmati berbagai pemandangan yang menakjubkan lainnya selain tentunya hamparan kota yaitu hamparan laut lepas dan Pulau Karampuang. Lokasi spot wisata ini berada di desa Rimuku, kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat. Untuk bisa mengakses objek wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang.

Selain potensi wisata dari segi destinasnya, Sulawesi Barat juga berbagai kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan jika sedang berkunjung ke provinsi ini. Diantaranya ada ikan tuing-tuing atau ikan terbang yang biasanya dimasak dengan cara dibakar. Lokasi paling tepat untuk menyantap sajian kuliner ini ialah di Somba, Majene yang merupakan pusat seafood. Ada juga keripik kasippi yang sepintas mirip dengan kue semprong dan merupakan khas Mandar. Cemilan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang rumah sehabis puas menghabiskan waktu liburan di berbagai destinasi wisata di Sulawesi Barat.