Review Lengkap Tempat Wisata Ciwidey yang Lagi Hits

0
49

Ciwidey merupakan bagian dari Kabupaten Bandung. Keberadaannya banyak sekali menyimpan keindahan alam dan pesona yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Tidak banyak orang mengetahui tempat-tempat wisata ciwidey yang sedang trend saat ini, karena sebagian orang mengetahu tempat berlibur di Bandung itu hanya Lembang dan daerah Dago. Jika kita berniat berlibur di Ciwidey Bandung cobala untuk berkunjung ke beberapa lokasi wisata ciwidey yang akan di bahas dalam artikel ini.

10 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung

  1. Situ Patenggang

Inilah destinasi pertama tempat wisata di Ciwidey. Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan. Banyak yang ingin berfoto di situ ini, apalagi jika menggunakan kamera yang mumpuni hasil fotonya akan lebih bagus lagi dan bisa kita unggah ke akun media sosial kita. Lokasi situ patenggang ini berada di Jalan Ciwidey Rancabali. Daya tarik wisata ciwidey ini terletak dari cerita rakyatnya. Menurut mitos di sana terdapat sebuah batu bernama “Batu Cinta” yang mempertemukan dua manusia yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang melatari sejarah Situ Patenggang. Tidak hanya itu, di tengah danau terdapat sebuah daratan yang memiliki bentuk hati dan terkenal dengan sebuatan “Pulau Asmara” yang konon katanya jika ingin langgeng dengan pasangannya bawalah ke daratan tersebut.

Yang bisa kita lakukan di Situ Patenggang tidak hanya itu saja, kita bisa memancing, naik perahu sambil menikmati pemandangan dan berfoto juga melihat pemandangan kebun teh. Fasilitasnya sudah sangat lengkap. Tempat beribadah, restaurant, toko souvenir, toko buah dan makanan, penginapan dan tempat parkir yang terjamin keamanannya. Tiket untuk masuk ke Situ Patenggang sekitar IDR 18.000 untuk WNI sedangkan untuk WNA IDR 135.000 di hari kerja. Sedangkan di hari berlibur sekitar IDR 20.500. Jam buka dimulai dari pukul 08.00 – 20.00 WIB.

  1. Bukit Jamur

Jika kita ingin berwisata ke tempat yang unik, maka Bukit Jamur jawabannya. Bukit jamu merupakan tempat wisata ciwidey yang berada di dalam wilayah Rancabali. Sekilas dari namanya mungkin ada yang berpendapat bahwa Bukit Jamur ini merupakan bukit yang penuh dengan tanaman jamur. Namun kenyataannya adalah bukit jamur ini hanya sebuah perumpamaan, asalnya Bukit Jamur ini sebuah area perbukitan yang berbentuk setengah lingkaran dengan dipenuhi pohon cemara yang bentuknya seperti jamur payung.

Kita bisa istirahat atau mengambil foto dengan background pemandangan pohon cemara yang berbentuk jamur. Pastinya akan berbeda dari yang lain. Untuk masuk ke area Bukit Jamur ini memang belum dikenai biaya sepeser pun alias gratis karena area ini hanya dijadikan tempat bersinggah saja oleh sebagian wisatawan. Dan fasilitasnya belum sepenuhnya mendukung. Kita bisa berkunjung ke Bukit Jamur saat mengunjungi tempat wisata ciwidey yang berdekatan atau sejalur dengan Bukit Jamur.

  1. Ranca Upas
Info Lainnya:  Jembatan Syphon: Jembatan Unik yang Penuh Dengan Mitos

Ciwidey Bandung memang terkenal dengan tempat wisata yang luas dan udara yang menyejukkan. Ranca Upas atau yang sering dikenal dengan Bukit Perkemahan Ranca Upas sudah sangat terkenal di seluruh nusantara. Alamatnya berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang. Tempatnya sangat luas mencapai 215 hektar dengan suhu udara 17-20 derajat celcius. Hal yang bisa kita lakukan di sini tentu banyak sekali. Kita bisa mengajak keluarga, teman kuliah atau komunitas karena kawasan ini bisa menampung hingga 10.000 orang.

Selain berkemah kita juga bisa berkunjung ke pemandian air panas di Kampung Cai yang kemudian akan kita bahas. Lalu kita bisa outbound bersama dengan mengikuti program outbound yang sudah disediakan oleh pengelola Ranca Upas Ciwidey. Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap mulai dari fun games, flying fox, high rope dan fasilitas pendukung lainnya. Harga tiket masuk mulai dari IDR 20.000 sekaligus berkemah dan buka selama 24 jam.

  1. Kawah Rengganis

Tempat wisata ciwidey lainnya yaitu Kawah Rengganis. Tempatnya juga berada di Rancabali. Menurut cerita kawah ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda berjuta-juta tahun yang lalu. Kebanyakan warga setempat menyebut Kawah Rengganis ini dengan nama Kawah Buni karena asal kawah ini berada di Desa Cuni. Kelebihan Kawah Rengganis dengan tempat yang lain yaitu disini tidak terlalu bau belerang. Berbeda dengan kawah putih yang baunya sangat menyengat karena itu kita tidak bisa berlama-lama.

Di Kawah Rengganis ini kita berendam air panas yang terkenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Beberapa fasilitas juga sudah disediakan untuk kenyamanan wisatawan. Mulai dari tempat beribadah, tempat membilas atau kamar mandi dengan bentuk pancuran, warung makan dan tempat menginap di beberapa rumah warga. Harga tiket yang harus kita keluarkan berkisar IDR 5.000 dan jam buka dari 08.00 – 17.00 WIB.

  1. Perkebunan Teh Rancabali

Di Ciwidey, tak hanya wisata air dan perkemahan saja. Hamparan perkebunan teh pun bisa menjadi tempat wisata ciwidey bagi beberapa wisatawan. Kebun teh yang ada di Ciwidey Bandung ini menampakkan eksotis pemandangan alam ditambah dengan hijaunya hamparan kebun teh. Dengan udara yang dingin dan kabut putih di atasnya menambah rileks saat kita berlibur di sini. Kebun teh ini sangat luas dan bentuknya yang tidak rata. Selain kebun teh, di Rancabali juga di tanami pohon Kina yang diolah langsung di pabriknya. Meskipun belum ada fasilitas lengkap, beberapa wisatawan sengaja berkunjung untuk menikmati pemandangan dan kesegaran udara yang ada di Perkebunan Teh Rancabali ini.

  1. Kampung Cai
Info Lainnya:  Sanghyang Heuleut: Danau Berwarna Indah yang Terletak Diantara Bebatuan Purba

Kampung cai ini salah satu tempat wisata yang ada di Ciwidey Bandung, lebih tepatnya berada di area Ranca Upas yang sudah dibahas lebih dulu. Sesuai dengan namanya, wisata ciwidey satu ini menyuguhkan wisata air dengan bentuk pemandian air panas. Karena suhu udara yang ada di Ranca Upas sangat dingin, berendam di Kampung Cai ini bisa membuat tubuh kita hangat dan akan betah berlama-lama di sana. Fasilitas waterboom juga disediakan oleh pengelola. Soal tiket masih sangat terjangkau, yaitu IDR 10.000 dan untuk biaya parkir kendaraan untuk motor IDR 2.000 dan mobil IDR 5.000.

  1. Barusen Hills

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui nama tempat wisata satu ini yang ada di daerah Ciwidey. Alamatnya berada di Kampung Barusen sama dengan namanya, berkecamatan di Pasir Jambu, Ciwidey Bandung. Tempat wisata ciwidey satu ini dikenal karena tempatnya sangat instagramable sekali. Dengan pemandangan khas pegunungan dan udara yang sangat sejuk jauh dari polusi udara. Di dalam area Barusen Hills terdapat taman bunga yang ditanami dengan berbagai jenis bunga dan dapat menjadi spot foto terbaik. Di sana juga ada sebuah spot foto yang menjadi favorit para pengunjung yaitu sebuah taman bunga yang berbentuk “Love”, tempat ini bagi kebanyakan wanita adalah tempat yang sangat romantis untuk berfoto bersama pasangan.

Selain taman bunga, di Barusen Hills kita juga bisa berwisata sambil belajar. Salah satunya di area Barusen Hills bagian penelitian teh dan kina atau kita juga bisa ke agrowisata ngabekong. Fasilitas lain juga sangat mendukung untuk berwisata sebut saja area khusus bermain anak, kolam renang dan vila untuk bermalam. Harga tiket yang ditawarkan sekitar IDR 15.000 per orang dan IDR 10.000 untuk masuk ke kolam renang. Sedangkan untuk bermalam di Vila Barusen Hills mulai dari IDR 500.000.

  1. Taman Kelinci

Jika kita bingung untuk mencari tempat wisata di Ciwidey yang cocok untuk anak-anak, mungkin kita bisa mencoba ke Taman Kelinci. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey Rancabali. Tempat ini tentunya akan memberikan kesan yang menyenangkan bagi si kecil. Apalagi di umurnya tentu kita sebagai orang tua ingin anak mendapat edukasi tentang alam dan sekitarnya. Seperti namanya, taman kelinci ini tempat untuk mengedukasi anak bermain bersama hewan jinak dan menggemaskan.

Info Lainnya:  Gunung Hawu: Memacu Adrenalin Di Atas Ketinggian Gunung

Tidak hanya itu, ada 100 jenis kelinci yang dibuat mirip dengan tempat tinggalnya. Setengah nya berasal dari lokal dan setengahnya lagi berasal dari mancanegara seperti jenis kelinci Lion Head, Rex, New Zealand White dan lain-lain. Lokasinya cukup luas yaitu 17 hektar dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Selain melihat kelinci, wisata ciwidey yang bisa kita lakukan memberi makan dan beberapa wisata makanan juga ada di sekitar Taman Kelinci. Fasilitas sudah tercukupi dan ada toko souvenir untuk membeli oleh-oleh khas Ciwidey Bandung. Untuk masuk ke Taman Kelinci kita harus membayar tiket IDR 15.000 per orang dan jam buka mulai 09.00 – 21.00 WIB.

  1. Pemandian Air Panas Ciwalini

Selain Kampung Cai yang memiliki tempat untuk pemandian air panas, ternyata ada tempat lain yang menjadi tempat wisata ciwidey dengan pemandian air panasnya. Yaitu pemandian air panas ciwalini. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey, Patengan, Rancabali. Ciwalini ini lebih dikenal dengan perkebunan teh nya, namun tak sedikit orang yang mengetahui ada pemandian air panas di kaki perkebunan teh. Bentuknya seperti kolam renang pada umumnya dengan dikelilingi pemandangan pepohonan hijau. Di wilayah ini memiliki udara yang cukup dingin, sehingga untuk berendam di pemandian air panas ciwalini akan memberikan kehangatan dan kenyamanan.

Selain kolam berendam air panas, pengelola juga menyediakan fasilitas flying fox, penyewaan sepeda, ATV ride dan lain-lain. Di pemandian air panas ciwalini terdapat dua kolam berendam. Yang satu untuk umum dan yang satunya lagi khusus untuk perempuan. Harga tiketnya masih sangat terjangkau, per orang membayar IDR 15.000 sedangkan bagi yang membawa rombongan bis membayar parkir IDR 15.000 dan mobil IDR 3.500.

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

Memang yang paling pas dilakukan di tempat dengan udara dingin adalah berendam di pemandian air panas. Pemandian air panas Cimanggu dikenal Cimanggu Hot Spring And Cottage. Lokasinya berada di jalan Raya Ciwidey KM 13 Patengan Rancabali. Tempat wisata ciwidey satu ini menjadi bagian dari kawasan hutan lindung dengan luas mencapai 145 hektar. Tentu saat kita berkunjung ke sini, mungkin saja kita bertemu dengan hewan yang dilindungi dan melihat pemandangan yang masih asri. Selain itu tumbuhan yang berumur jutaan tahun juga ada di kawasan hutan lindung ini. Fasilitas yang tersedia di pemandian air panas ini sudah lengkap beserta dengan jenis permainan yang ada. Tiket masuk sekitar IDR 16.000 – 23.500, jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.