Review Wisata Pantai Indrayanti Jogja

0
13

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang berlokasi di Jogya, dan seringkali menjadi tujuan para wisatawan mengisi waktu luangnya ketika masa liburan. Pantai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal dan juga wisatawan asing. Pemandangan yang disajikan di pantai ini sangatlah mempesona, dengan pasir halus dan laut yang biru, membuat para pengunjung betah berlama-lama di pantai ini, entah hanya untuk berjalan-jalan, ataupun untuk berenang.

Pantai Indrayanti di Jogja bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata favorite di kalangan para wisatawan, karena keadaan pantainya yang sangat bersih dan terjaga kemurniannya. Ada banyak sekali sejarah yang berasal dari pantai ini, kalau diperhatikan, jika anda mengunjungi beberapa pantai di Jogja, pantai yang satu ini memang sangat berbeda dengan pantai lainnya. Terutama bisa kita lihat dari namanya saja, jika pantai lain di sekitarnya memiliki nama yang serupa dengan nama daerahnya, tetapi pantai yang ini memiliki nama seperti nama salah satu restoran yang letaknya tidak jauh dari pantai itu sendiri, yaitu Indrayanti restoran.

Mengenal Keindahan Dan Eksotisme Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Karena ada banyaknya orang yang mengunjungi retoran ini, maka ada banyak juga wisatawan yang kemudian mengetahui pantai ini, sehingga para pengunjung yang berkunjung ke restoran Indrayanti menganggap pantainyapun bernama Indrayanti, sangat unik sekali bukan. Nama restoran itu sendiri diambil dari gabungan dua nama, yaitu pasangan pemilik restoran bernama Indra dan Yanti. Pada dasarnya pantai Indrayanti ini memiliki nama resmi yang diberikan oleh pemerintah setempat, yaitu Pantai Pulang Sawal. Tetapi karena kebanyakan orang sudah terlanjur mengetahui pantai ini dengan nama Indrayanti, pada akhirnya banyak juga orang yang menyangka pantai ini bernama pantai Indrayanti, walaupun nama sebenarnya adalah pantai Pulang Sawal.

Info Lainnya:  50 Daftar Tempat Wisata di Garut

Para pengunjung yang berasal dari Jogja maupun dari luar Jogja tetap mengenal pantai ini dengan sebutan pantai Indrayanti. Meski sempat ada pertentangan antara masyarakat setempat dengan pemerintah tentang nama pantai ini, namun sepertinya kini itu bukan lagi menjadi masalah. Kali ini kami akan mengulas dan mereview tentang pantai Indrayanti yang cantik ini, setelah anda membaca mengenai pantai ini, kemungkinan akan merasa tertarik sekali untuk mengunjunginya.

Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi pantai Pulang Sawal atau Indrayanti ini berada dekat dengan gunung Kidul, dan jarak dari pantai ini ke pantai lainnya tidak terlampau jauh, dan bisa di tempuh hanya dengan waktu 2 jam saja. Medan jalan menuju pantai Indrayanti, dan dari pantai Indrayanti ke pantai lainnya juga berliku-liku, dan untungnya jalannya sendiri cukup halus, aman dan nyaman. Selain anda bisa mengunjungi pantai Indrayanti, anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lainnya sekaligus. Lokasi pantai Indrayanti tepatnya berada di Wilayah DIY Yogyakarta, kabupaten Gunung Kidul, Desa Tepus dan Kecamatan Tepus.

Petunjuk Pantai Indrayanti

Petunjuk pantai Indrayanti sendiri sebenarnya sangatlah mudah, dan juga penunjuk jalan atau papan jalan yang memberikan informasi mengenai pantai Indrayanti juga sangat jelas, dan mudah untuk dicerna, jangan lupa jika anda tidak menemukan nama pantai Indrayanti, sudah pasti anda akan menemukan nama pantai Pulang Syawal, tentu saja itu berarti menuju kearah pantai yang sama.

Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Apa saja yang ditawarkan oleh Pantai Indrayanti ini?

Seperti suasana khas pantai lainnya, pantai ini termasuk salah satu pantai yang masih terjaga kebersihannya, selain memiliki ukuran yang luas, airnya juga jernih dan biru, agar anda bisa menikmati pantai Indrayanti ini seperti milik sendiri, akan lebih berkesan jika anda mengunjunginya ketika di hari-hari biasa. Dibandingkan ketika di hari libur, pantai ini akan memiliki banyak sekali pengunjung, tidak hanya pengunjung lokal, namun juga pengunjung asing.

Info Lainnya:  47 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Selain airnya yang jernih, pantai ini biasanya seringkali memunculkan binatang seperti ubur-ubur, maka dari itu anda harus berhati-hati jika sedang berenang, walaupun terlihat cantik, tetapi ubur-ubur juga bisa menyengat. Ada sebagian masyarakat setempat biasanya mampir ke pantai hanya demi menikmati indahnya matahari yang terbenam ketika senja.

Di sebelah kiri pantai Indrayanti, terdapat sebuah tebing batu yang dapat dipanjat, dan jika anda berada diatasnya, anda bisa melihat secara keseluruhan pemandangan pantai dari atas, sudah pasti pemandangan tersebut akan sangat indah sekali.

Keunikan Pantai Indrayanti

Pantai ini memiliki salah satu keunikan yang sangat berbeda dari pantai lainnya, kalau anda biasanya hanya mengetahui di berbagai pantai larangan membuang sampah sembarangan, tetapi dipantai ini bahkan di adakan saksi yang diberikan pada orang yang melanggar peraturan tersebut, seperti membuang sampah sembarangan. Sejauh ini peraturan tersebut berhasil menjaga kebersihan pantai dan kelestarian keindahan pantai itu sendiri, bukankah kalau bersih itu indah? Untuk sekadar informasi, sanksi yang diberikan jika anda melanggar peraturan di pantai ini adalah di denda sebanyak Rp 10.000

Fasilitas yang Ada

Seperti di pantai lain umumnya, pantai Indrayani ini memiliki fasilitas yang sudah sangat memadai, adanya restorang untuk makan, seperti yang dikatakan pada sejarah pantai Indrayanti ini, restoran Indrayanti salah satu restoran yang sangat terkenal. Anda juga bisa menikmati kuliner khas yang berada di pantai ini dengan santai dan tenang sembari melihat pemandangan pantai.

Disepanjang pinggir pantai, anda bisa duduk-duduk santai menikmati pemandangan pantai terlindungi payung yang letaknya dekat dengan gazebo, anda tidak perlu khawatir untuk menghabiskan waktu di pantai ini, apalagi membawa keluarga dan anak-anak.

Info Lainnya:  Mengintip Uniknya Kampung Indian Di Kediri

Selain itu fasilitas seperti toilet, dan tempat bias setelah berenang juga sudah tersedia disini. Jika anda memiliki hobby jetsky, anda juga bisa mendapatkannya di tempat penyewaan, di pantai Indrayanti ini.

Jika anda berasal dari tempat yang jauh, diluar kota misalnya, dan ingin menghabiskan waktu selam liburan di pantai ini, jangan khawatir karena akan ada banyak sekali penginapan yang tersedia, bahkan penginapan-penginapan ini juga ada di sepanjang pantai lainnya yang berdekatan dengan pantai Indrayanti itu sendiri, jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap.

Tersedia pula penjaga pantai yang akan selalu siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika anda berenang, atau melakukan aktivitas lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai

Tiket masuk untuk pantai Indrayanti dan juga fasilitas lainnya juga terlamau murah, beberapa diantaranya di bawah ini.

  • Tiket masuk Rp 10.000
  • Sewa payung pantai Rp 20.000
  • Sewa gazebo Rp 30.000
  • Toilet dan kamar mandi bilas Rp 7.000

Itulah beberapa tiket dan administrasi yang cukup terjangkau murah dan tersedia di pantai Indrayanti ini.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai indahnya pantai Indrayanti di Jogja. Mulai dari letak dan lokasi pantainya, fasilitas, keunikan dan wisata yang dapat disajikan di pantai ini, semuanya terulas lengkap dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda menjawab pertanyaan mengenai rasa penasaran anda tentang pantai Indrayanti yang sangat mempesona. Setelah anda membaca review dari pantai ini, pasti sudah tidak sabar ingin mengunjunginyakan? Jangan lupa untuk membawa peralatan untuk berlibur anda lengkap, agar dapat menikmatinya dengan sempurna.