Samarinda Islamic Center

0
23

Samarinda Islamic Center merupakan sebuah masjid terbesar dan termegah kedua yang ada di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid ini memiliki menara dan sebuah kubah besar yang berdiri dengan tegak. Lokasinya tepat berada di tepian Sungai Mahakam, sehingga saat kamu berkunjung kesana tampak bagian latar depan berupa pemandangan sungai yang sangat indah.

Daya Tarik Samarinda Islamic Center

Masjid Samarinda Islamic Center memiliki luas bangunan utama kurang lebih 43.500 meter persegi. Sementara untuk luas bangunan penunjangnya 7.115 meter persegi dengan lantai basement seluas 10.270 meter persegi dan memiliki luas lantai utama 8.185 meter persegi. Pada awalnya lokasi ini merupakan sebuah lahan bekas area penggergajian kayu PT. Inhutani I.

Menjadi salah satu masjid yang terbesar dan termegah, Samarinda Islamic Center banyak dijadikan sebagai tujuan utama sebagian wisatawan atau orang-orang yang memang berkunjung ke Samarinda. Bangunan masjid ini mempunyai 7 menara dengan menara utama setinggi 99 meter. Menara ini memiliki arti tersendiri yaitu bermakna asmaul husna yang jumlahnya sebanyak 99.

Di bagian menara utama terdiri dari 15 lantai dengan tinggi 6 meter untuk masing-masing lantainya. Untuk anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini ternyata memiliki makna khusus, yaitu disesuaikan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Pada bagian sisi masjid terdapat 6 menara dengan 4 menara di setiap sudut setinggi 70 meter dan 2 menara lainnya terdiri di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Banyaknya menara ini menunjukkan banyaknya rukun.

Sarana Penunjang Di Samarinda Islamic Center

Masjid ini memiliki berbagai sarana penunjang yang terdiri dari :

  • 2 rumah penjaga masjid.
  • 2 rumah imam.
  • Gedung asrama putra dan asrama putri masing-masing 2 lantai.
  • Gedung serbaguna.
  • Bangunan TK.
  • Bangunan utilitas meliputi ruang genset, ruang PLN, ruang pompa, dan bak sampah.
Info Lainnya:  Kampung Tenun Samarinda

Fasilitas Yang Ada Di Samarinda Islamic Center

Di Masjid Samarinda Islamic Center sudah tersedia berbagai macam fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pengunjung diantaranya :

  • Tempat parkir.
  • Tempat penitipan alas kaki.
  • Ruang belajar.
  • Kamar mandi.
  • Tempat wudhu.

Lokasi Samarinda Islamic Center

Samarinda Islamic Center terletak di Jalan Slamet Riady No. 1, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Bagian kanan dan kiri masjid ini diapit oleh Jalan Anggi dan Jalan Meranti, sementara untuk bagian belakangnya berada di Jalan Ulin yang langsung menghadap ke Sungai Mahakam.

Lokasi yang cukup strategis menjadikan Masjid Samarinda Islamic Center ini sangat mudah ditemukan. Dari jembatan Mahakam, jaranya hanya mencapai 2 kilometer.