Saung Angklung Udjo; Objek Wisata Tradisional di Bandung

0
13

Hallo sobat traveler satu lensa semua.. Kali ini kembali lagi admin yang kece mau sharing mengenai objek wisata yang ada di bandung. Nah, admin mau nanya nih, apa sih yang kamu dengar tentang bandung atau apa sih yang menarik dengan bandung? Ya, selama ini mungkin saat kita mendengar kata bandung, kita langsung teringat pada factory outlet, pusat belanja, kota kembang dan lainnya. Nah sebetulnya dari segi objek wisata, bandung itu memiliki list daftar wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata hiburan dan lainnya. Ada satu jenis wisata bandung yang layak untuk kamu telusuri, apa itu? Jawabannya adalah wisata tradisional..

Bandung Kaya Akan Budaya Sunda

Sebagian besar masyarakat Jawa barat adalah suku sunda, dan bandung adalah ibukota dari jawa barat. Dengan begitu, bukan hal yang salah jika pusat kebudayaan sunda memang terkumpul di kota bandung ini. Di bandung ini, selain kamu bisa menikmati keindahan kota, kamu juga bisa menikmati keindahan budayannya yang masih banyak dilestarikan. Meski terbilang sudah menjadi kota, namun bandung itu masih memiliki banyak tokoh yang tetap menjaga dan mengajak semua warga lainnya untuk melestarikan budaya yang ada. Salah satunya adalah adanya Saung Udjo yang diciptakan untuk melestarikan kebudayaan khususnya kesenian angklung.

Sejarah Singkat Saung Angklung Udjo

Saung udjo didirikan oleh seorang tokoh kesenian asal jawa baray yang bernama Udjo Ngalagena yang biasa dipanggil juga dengan mang udjo. Kata saung itu berasal dari Bahasa sunda yang artinya rumah kecil yang apa adanya. Biasanya yang dinamai saung itu adalah rumah kecil yang ada di kebun atau di sawah untuk sekedar istirahat pemiliknya.

Info Lainnya:  Situ Patenggang: Danau Indah di Ciwidey Bandung Selatan

Nah, back to saung undjo kembali..

Saung udjo ini sebetulnya didirikan sudah lama yakni sejak tahun 1966 oleh mang udjo dan istrinya yang bernama uum sumiati. Tujuan awal dari didirikannya saung ini sebetulnya adalah untuk melestarikan kesenian tradisional khususnya khas sunda yang ada di jawab barat. Mang udjo memang sudah menyukai music angklung sejak dia berusia 4 tahu sehingga tidak salah jika dia sangat menyukainya. Kemudian pada tahun 2001, mang udjo meninggal dunia dan kini saung tersebut tetap dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Menarik Perhatian Dunia Internasional

Keberadaan dari Saung ANgklung Udjo ini memang telah menarik perhatian dunia internasional. Banyak wisatawan yang datang kesana tidak hanya dari masyarakat lokasl, namun juga banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung kesana. Keberadaan saung angklung ini memang bisa dikatakan sangat unik karena menjadi pelestari didalam pusaran gencaran budaya global yang semakin merajalela. Tim angklung dari saung mang udjo ini juga banyak diundang untuk menghadiri beragam even kebudayaan baik local bahkan internasional.

Fasilitas di Saung Angklung Mang Udjo

Nah bagi sobat satu lensa yang tertarik untuk datang kesana, ada banyak fasilitas yang tersedia disana. Nah mengenai beberapa fasilitas tersebut, anda bisa menggunakan atau mencobanya sesuai dengan yang anda mau, berikut diantaranya:

  • Pusat Produksi Angklung
  • Bale Karesmen (tempat pertunjukan)
  • Buruan sari asing (seperti gajebo untuk menikmati suasana sunda)
  • Dapur udjo (tempat memesan makanan)
  • Parkir luas
  • Toilet
  • Tempat belanja oleh-oleh

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Di Saung Udjo?

Nah setelah melihat fasilitas yang bisa ditemukan di lokasi tersebut, kamu juga sebetulnya bisa mengikuti beberapa tahapan acara di lokasi tersebut. Sambal berwisata, kamu juga bisa menikmati pertunjukan kesenian yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Info Lainnya:  Rumah Pengabdi Setan: Tempat Wisata Kekinian Yang Lagi Hits

  • Angklung orchestra
  • Wayang Golek
  • Helaran Budaya
  • Tari Topeng
  • Belajar angklung bersama, dll

Lokasi Saung Angklung Udjo

Lokasi dari saung angklung udjo itu ada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192, Indonesia. Bagi anda yang dari Jakarta, bisa keluar dari tol paster dan kemudian ambil arah yang ke cicahem. Sementara itu bagi yang keluar dari tol cilenyi, bisa kearah cibiru, kemudian ke cicahem.

Tiket Masuk dan Jam Operasi

Nah mengenai tiket masuk, sepertinya sangat terjangkau dan memang bisa dibayar dengan harga yang mudah alias tak begitu mahal. Berikut daftar harganya;

  • Warga Negara Asing; Rp.100.000 (Dewasa) dan Rp.60.000 (Pelajar)
  • Warga Negara Indonesia; Rp.60.000 (Dewasa) dan Rp.40.000 (Pelajar)
  • Anak Dibawah 3 Tahun = GRATIS..

Sementara itu mengenai jam operasi, kamu bisa datang kesana pada jam 10.00 – 20.00 wib. Namun untuk masuk pertunjukan biasanya berlangsung selama durasi 1,5 jam.

Nah demikian sobat satu lensa, apakah tertarik untuk melihat kebudayaan angklung dari dekat.. Yuk ke saung udjo..!