Seperti Apa Sih Kopi Luwak Cikole Lembang Itu?

0
21

Kopi Luwak Cikole atau lebih di kenal sebagai KLC merupakan salah satu penghasil kopi luwak terbaik di kota Bandung. Bukan hanya menghasilkan kopi luwak, namun ternyata di KLC ini juga terdapat penangkaran luwak itu sendiri, yang mana nantinya kopi luwak akan di proses dengan baik.

Kopi Luwak Cikole atau KLC terletak di daerah Lembang. Nah, jika kita berada di daerah Bandung, maka jalur yang kita ambil adalah jalur yang menuju ke kawasan Tangkuban Perahu. Cukup mudah untuk menemukan penangkaran luwak ini. Bahkan jika Anda merupakan orang pemula yang mengunjungi kawasan Lembang, Anda tidak perlu khawatir, karena ketika Anda kbis amenggunakan google maps atau bahkan jika mau Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat, patsi mereka menunjukkan arah yang benar.

KLC ini memiliki tempat yang tidaklah begitu luas, jadi jika Anda ingin menikmati kopi di sini bisa saja, karena jelas di KLC ini juga terdapat caffe yang menyediakan berbagai jenis farina kopi yang mana kopi tersebut berbahan dasar kopi luwak dengan rasanya yang khas. Untuk area parkir juga cukup kecil, hanya bisa masuk 2 mobil saja.

Penangkaran

Nah, ketika Anda berkunjung ke KLC atau ke tempat penangkaran luwaknya snediri, Anda akan mendapatkan sambutan yang sangatlah hangat. Ketika datang Anda juga akan langsung di kenalkan kepada seoarng educator atau guide. Nantinya edukator ini yang akan menceritakan tentang bagaimana proses dari pembuatan kopi luwak.
Berdasarkan cerita, KLC ini merupakan salah satu tempat yang dimiliki oleh seorang dokter hewan bernama Sugeng. Sampai saat ini di tempat penangkaran KLC terdapat 120 musang atau luwak yang di pelihara dengan baik.

Info Lainnya:  Saga Caffe And Mart: Tempat Nongkrong Dengan Konsep yang Unik

 

Awalnya mereka hanya memiliki 2 ekor musang saja yang diambil dari hutan, setelah itu dokter Sugeng meneliti musang yang di temukannya itu selama 1 tahun. Dalam penelitiannya, dokter Sugeng mempelajari bagaimana perilaku yang dimiliki oleh si musang ini, smapai pada akhirnya mereka menemukan salah satu cara yang tepat untuk melakukan penangkaran musang.

Di KLC musang-musang dipelihara dengan cara yang baik, bahkan musang juga diberi asupan makanan dan gizi yang baik pula. Bahkan mereka juga kerap kali memperhatikan kesehatan-kesehatan musang tersebut.
Untuk proses pembuatan kopi juga cukup mudah, yaitu ada proses Feeding, proses pencucian dan pengeringan kopi luwak, peeling, dan proses roasting.

Selain tempat penangkaran dan juga tempat pembuatan kopi luwak, di tempat ini Anda juga bisa menikmati secara langsung kopi luwak itu sendiri. Patsinya kopi luwak akan berbeda rasanya dengan jenis-jenis kopi yang lainnya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya kopi memiliki rasa khas yang berbeda dari setiap daerah dan juga dari bahan awalnya.

Di KLC juga Anda bisa menikmati 2 jenis kopi, yaitu kopi luwak original dan juga kopi luwak herbal. Seperti apa kopi luwak original itu? Kopi luwak original ini merupakan kopi yang terbuat dari biji kopi luwak yang memiliki keeping dua nantinya di tambahkan dengan biji kopi luwak yang berkeping satu. Sementara untuk kopi luwak herbal yaitu kopi luwak yang berasal dari biji kopi luwak yang memiliki keeping stau saja yang nantinya akan di campurkan dengan ekstrak herbal.

Kopi luwak ini bisa Anda bawa ke rumah, atau bisa juga Anda nikmati di tempat karena di KLC terdapat caffe dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Dengan udara pegunungan yang asri, sangat cocok di temani dengan hangatnya kopi luwak yang memiliki rasa khas.

Info Lainnya:  Cobain Yuk Tahu Susu Lembang! Pasti Ketagihan

Alamat Kopi Luwak Cikole

KLC atau kopi luwak cikole ini beralamatkan di Jl. Nyalindung No.9, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Jam Buka KLC

  • Sabtu 08.00–18.00
  • Minggu 08.00–18.00
  • Senin 08.00–18.00
  • Selasa 08.00–18.00
  • Rabu 08.00–18.00
  • Kamis 08.00–18.00
  • Jumat 08.00–18.00