Situ Bagendit: Situ Si Pelit Dengan Pemandangan Yang Mengagumkan

0
20

Situ Bagendit merupakan sebuah danau yang memang berlokasikan di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Memiliki udara segar nan asri serta pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dan mendekatkan diri kepada alam.

SEJARAH DAN LEGENDA SITU BAGENDIT

Situ Bagendit ini sangat erat kaitannya dengan legenda si Pelit, karna memang dari sinilah awal mulanya cerita dan situ ini berada.

Zaman dulu ada seorang janda kaya raya yang bernama Nyai Endit, yang memang hartanya sangat berlimpah. Namun sayangnya janda ini sangat terkenal dengan ketamakan dan juga kepelitannya.

Pada suatu hari, janda kaya raya itu akan melangsungkan selametan karna hartanya yang kian bertambah saja. Dan ketika acara berlangsung, datang seorang pengemis dengan baju yang lusuh dan meminta sumbangan kepada Nyai Endit.

Namun karna melihat bajunya yang kotor dan terlihat menjijikan, bukannya memberi Nyai Endit malah marah dan mencaci maki pengemis tua tersebut. Dengan perasaan sedih dan juga hati yang sangat terluka, akhirnya pengemis itu pergi.

Keeseokan harinya, masyarakat sekitar melihat adanya lidi yang tertancap di tengah desa, namun tidak ada seorang pun yang bisa melepaskan lidi tersebut. Akhirnya datang kembali pengemis tua itu, dengan mudahnya ia melepaskan lidi yang tertancap tersebut.

Tanpa di duga, setelah lidi yang menancap di cabut, muncullah semburan air yang tidak bisa di hentikan. Karna frekuensi air yang semakin banyak, akhirnya warga sekitar memutuskan untuk mengungsi karna takut air tersebut akan terus bertambah dan menenggelamkan kampung mereka.

Semua warga mengungsi kecuali Nyai Endit, Nyai Endit enggan mengungsi karna ia lebih sayang dengan harta-hartanya, ia percaya air yang meluap tersebut tidak akan menenggelamkannya dan juga harta yang dimilikinya. Namun harapan Nyai Endit sia-sia, karna air yang meluap mampu menenggelamkan janda kikir itu beserta hartanya.

Info Lainnya:  Curug Luhur: Indahnya Curug Keren Nan Eksotis Di Bagian Selatan Kabupaten Cianjur

Dan setelah kejadian itulah, akhirnya Situ ini dinamai dengan Situ Bagendit, yang memang erat kaitannya dengan cerita rakyat si pelit Nyai Endit.

FASILITAS SITU BAGENDIT

Bukan hanya fasilitas umum seperti toilet dan mushola yang tersedia, namun di kawasan ini juga sudah tersedia beberapa wahana permainan yang bisa Anda gunakan, diantranya adalah:

  • Rakit dengan tarif Rp.25.000/15 menit
  • Sepeda air dengan tarif Rp.10.000/15 menit
  • Shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp.3.000/jam
  • Kereta api mini dengan tarif Rp.2.000
  • Kolam renang
  • Sejumlah warung yang menjual berbagai macam makanan serta minuman

ALAMAT SITU BAGENDIT

Situ Bagendit ini berlokasikan di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Bagi Anda yang penasaran dengan kawasan wisata Situ Bagendit bisa langsung datang ke alamat yang telah kami cantumkan di atas.

Karna berlokasikan di perkampungan dan di kelilingi oleh bukit serta gunung, maka udara di kawasan ini masih cukup segar bahkan asri. Dan lengkap sudah liburan musim ini karna pemandangan di sekitar Situ Bagendit ini sangatlah indah.

JAM BUKA SITU BAGENDIT

Untuk jam oprasional, Situ Bagendit buka dari jam 07.00 dan tutup pada jam 17.00 WIB. Buka setiap hari dari hari Senin-Minggu tanpa mengenal hari libur. Bagaimana jika ingin menginap di kawasan tersebut? Anda tidak perlu khawatir, karna di kawasan Situ Bagendit sudah ada penginapan yang memang bisa Anda manfaatkan.

Namun jika Anda ingin berhemat dan mencintai backpacker, mungkin Anda bisa memutuskan untuk berkemah di sekitaran Situ Bagendit. Namun jika Anda ingin berkemah di sini bersama keluarga atau sahabat Anda, maka sebaiknya Anda meminta izin terlebih dahulu kepada pengurus di sana.

Info Lainnya:  Menikmati Segarnya Air Di Curug Goa Badak Subang

TIKET MASUK SITU BAGENDIT

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang. Biaya tersebut pastinya belum termasuk biaya parkir dan biaya wahana permainan lainnya. Karena untuk biaya parkir Anda harus kembali membayar sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua dan juga Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Dan itu dia sedikit informasi mengenai Situ Bagendit yang penuh dengan cerita legenda serta keindahan alam yang sangat menakjubkan. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.