Situ Cisanti: Eksotisnya Pemandangan Di Hulu Sungai Citarum

0
25

Bandung memang memiliki pilihan destinasi wisata yang cukup banyak, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata fashion. Sehingga tidak heran jika menjelang liburan, Bandung sendiri kerap kali di padati oleh para pendatang yang hanya ingin menikmati indahnya tempat wisata di kota Bandung.

Dan pada kesempatan ini, kami SatuLensa.com akan sedikit mengulas mengenai tempat wisata alam yang ada di kota Bandung, yang memang tempat ini sudah banyak di kenal oleh kalangan wisatawan, yaitu Situ Cisanti. Situ Cisanti ini memiliki keunikannya sendiri, dan yang membuatnya unik yaitu, situ ini merupakan hulu dari Sungai Citarum serta merupakan saksi sejarah dari kota Bandung. Mengapa demikian? Karena Situ Cisanti ini merupakan patilasan dari Dipatiukur.

SEKILAS TENTANG SITU CISANTI

Situ Cisanti ini merupakan salah satu Danau atau Situ yang ada di kota Bandung, yang memang terletak di tengah hutan eucaliptus. Bukan hanya itu, Situ Cisanti ini juga ternyata letaknya lebih tinggi daripada permukaan laut.

Tidak sampai di sana, banyak juga orang-orang yang menyebutkan bahwa Situ Cisanti ini merupakan Nadi utama Jawa Barat, hal ini di karenakan Situ Cisanti merupakan hulu dari Sungai Citarum.

SEJARAH SITU CISANTI

Situ Cisanti memang terletak tepat di bawah kaki Gunung Wayang, yang mana saat ini sudah masuk kedalam kawasan Perum Perhutani. Situ ini bukan hanya berperan sebagai sumber kehidupan bagi warga Jawa Barat, namun situ ini juga merupakan salah satu saksi bisu di masa kerajaan hingga munculnya zaman kolonialisme.

Penting juga untuk Anda ketahui, bahwa situ ini merupakan sebuah patilasan atau bisa di katakan juga sebagai tempat persinggahan dari Dipatiukur, yang mana beliau adalah seorang wedana para Bupati Priangan di abad ke-17.

Info Lainnya:  Kampung Gajah Wonderland; Tempat Wisata dengan Wahana Lengkap

Berdasarkan informasi yang beredar, Bujangga Manik, seorang putra Raja dari Padjajaran di abad ke-5 juga pernah mengunjungi kawasan Situ Cisanti ini pada perjalanannya mengunjungi sejumlah tempat suci yang berada di kawasan Pulau Jawa dan juga Bali dengan berjalan kaki seorang diri tanpa menggunakan kendaraan apapun.

ALAMAT SITU CISANTI

Situ Cisanti memang termasuk kedalam kawasan wisata dengan pemandangan eksotis yang sangat luar biasa, bukan hanya itu, di kawasan ini juga Anda masih bisa merasakan asrinya udara serta jernihnya air yang mampu menghipnotis para wisatawan. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke kawasan wisata ini, maka Anda bisa langsung datang saja ke Kampung Tarumajaya, kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Jika Anda tidak mengetahui kawasan ini, maka Anda bisa bertanya, karena memang kawasan ini sudah di kenal banyak orang.

JAM BUKA SITU CISANTI

Situ Cisanti memang buka setiap hari, namun untuk waktu berkunjung memang sudah di batasi. Anda hanya bisa berkunjung dan merasakan asrinya udara di kawasan ini dari mulai jam 08:00 pagi sampai jam 17:00 sore.

Dan itu dia sedikit informasi mengenai Situ Cisanti yang bisa kami ulas di kesempatan ini. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua. Selamat berlibur sahabat traveler’s!