Situ Patenggang: Mengenal Indahnya Alam Rancabali yang Eksotis

0
35

Situ Patenggang atau di kenal juga dengan Situ Patengan merupakan salah satau situ atau danau yang berada di di bagian Selatan kota Bandung, tepatnya berada di daerah Rancabali, Ciwidey. Situ Patenggang ini berada di ketinggian 1600 mdpl, yang mana di danau ini terdapat pemandangan alam yang sangat eksotis nan asri.

Situ Patenggang ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar, cukup luas, bukan? Nah, situ ini biasanya menjadi salah satu pilihan para wisatawan yang tengah berlibur, biasanya objek wisata ini di jadikan pilihan ketika mereka baru pulang dari objek wisata Kawah Putih. Karna jarak dari Kawah Putih menuju Situ Patenggang cukup dekat, yaitu sekitar 7 km, hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk menuju kawasan wisata tersebut.

MITOS SITU PATENGGANG

Berdasarkan hasil dari informasi yang terdapat di lokasi tersebut, nama Situ Patenggang ini berasal dari Bahasa Sunda, yaitu pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Dimana tempat ini menjadi saksi bisu kisah percintaan yang sangatlah besar, yaitu ki Santang dan juga Dewi Ranggenis, dimana kedua insan itu adalah seorang Putra Prabu dan juga Putri titisan Dewi.

Sekian lama mereka berpisah, namun karna rtasa cinta yang sangat besar, akhirnya mereka saling mencari satu sama lain, dan pada akhirnya mereka di pertemukan di salah satu tempat di kawasan ini, yang mana sekarang di beri nama “Batu Cinta”.

Ketika itu Dewi Ranggenis meminta untuk dibuatkan danau dan juga perahu, agar mereka bisa berlayar bersama menyusuri danau tersebut. Dan perahu inilah yang sekarang berubah menjadi pulau yang memiliki bentuk hati, yang memiliki nama Pulau Hati atau Pulau Asmara.

Berdasarkan cerita tersebut, maka siapapun yang singgah di Batu Cinta dan mereka bisa mengelilingiPulau Asmara, maka konon katanya mereka akan mendapatkan cinta yang abadi layaknya kisah cinta Ki Santang dan juga Dewi Ranggenis.

Info Lainnya:  Mengintip Keindahan Gunung Batu Lembang

ALAMAT SITU PATENGGANG

Situ Patenggang ini beralamatkan di kawasan Situ Patengan, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Bagi Anda yang mau berwisata ke kawasan tersebut, Anda bisa mengambil arah menuju kawasan Ciwidey, setelah berada di jalan tersebut Anda tinggal mengikuti jalan saja, dan nanti Anda akan menemukan plang petunjuk arah kawasan wisata Situ Patenggang.

TIKET MASUK SITU PATENGGANG

Bagi Anda yang mau berkunjung ke kawasan wisata Situ Patenggang, maka Anda hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp. 20.000/orang, tidak termasuk tiket parkir. Di sana juga sudah terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan, seperti mushola, lapang parkir yang luas, WC dan juga sejumlah rumah makan dan juga vila bagi Anda yang ingin menginap.

Itu dia sedikit ulasan mengenai Situ Patenggang, semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua yang tengah mencari informasi tentang tempat wisata.