Taman Buru Masigit Kareumbi: Indahnya Wisata Hutan Di Batas Timur Kota Bandung

0
37

Hallo sahabat traveler’s, kali ini kami akan sedikit membahas mengenai tempat yang baru saja kami kunjungi. Namanya Taman Buru Masigit Kareumbi, kawasan ini berlokasikan di Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung, Jawa Barat 40395. Dan ternyata kawasan ini tidak begitu jauh dari kawasan Pondok Wisata Aki Enin.

Sepintas Tentang Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Taman Buru Masigit Kareumbi, lengkapnya adalah Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi atau di singkat sebagai TBMK, adalah salah satu tempat atau hutan yang sering di jadikan sebagai kawasan berburu, dan itu berjalan selam beberapa tahun yang lali hingga akhirnya kawasan ini di konversi menjadi kawasan hutan konservasi.

Bukan hanya itu kawasan Masigit Kareumbi saat ini juga tengah di kembangkan sebagai salah satu kawasan wisata alam yang memang menerapkan konsep yang sangat unik. Bagaimana tidak, kawasan ini menyongsong budaya pedalaman yang sangat kuat, bahkan lokasinya juga berada di tengah-tengah hutan. Kawasan in biasanya di jadikan tempat berkemah oleh beberapa kelompok pencinta alam, hiking, di jadikan sebagai tempat pelatihan, outbound dan kegiatan lainnya.

Sejarah Dan Sal Mula Nama Masigit Kareumbi

Nama Masigit sendiri di ambil dari salah satu nama bukit yang ada di kawasan tersebut yaitu Pasir Masigit, yang mana lokasinya berada di bagian timur kawasan tersebut. Bagaimana dengan nama Kareumbi? Nama Kareumbi sendiri diambil dari salah satu nama gunung yang mana lokasinya berada di bagian barat kawasan wisata ini.

Bukan hanya itu, nama Kareumbi ini juga merupakan nama pohon. Dan konon katanya, dulu jenis pohon ini tumbuh banyak di gunung Kareumbi. Maka dari itu, kawasan wisata ini dinamai dengan Taman Buru Masigit Kareumbi.

Info Lainnya:  Puncak Eurad Lembang: Sisi Romantis Kota Bandung Yang Masih Tersembunyi

Fasilitas Dan Akomodasi

Untuk fasilitas basic di kawasan ini bisa di bilang sudah mencukupi. Bahkan di kawasan ini juga sudah tersedia tempat bagi Anda yang ingin menginap, salah satunya adalah rumah pohon kareumbi. Bukan hanya tempat untuk bermalam, disini juga terdapat fasilitas lainnya, seperti rumah rusa, aula, dan juga adanmya area untuk camping ground.

Kegiatan Wisata Yang Bisa Dilakukan

Kawasan ini memang dinamai dengan Taman Buru, namun Anda tidak perlu khawatir, karena untuk saat ini di kawasan tersebut tidak di perkenankan untuk berburu dan juga tidak adanya binatang buas yang mematikan. Untuk kegiatan di kawasan ini, mungkin Anda bisa mencoba beberapa kegiatan seperti:

  1. Jungle Trek
  2. Masigit Kareumbi Bike Park
  3. Camping Ground dan Juga Pelatihan
  4. Program Wali Pohon

Aktifitas lainnya

Bukan hanya beberapa kegiatan di atas, Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya yang memang bisa Anda lakukan. Di kawasan ini pengelola menyediakan Event organizer yang akan membawa Anda untuk melakukan beberapa aktivitas yang unik, dan biasanya EO ini di butuhkan bagi mereka yang datang secara berkelompok, misalnya dari perusahaan atau sekolah. Dan beberapa kegiatan tersebut diantaranya adalah:

  1. Night hiking
  2. Jungle trek
  3. Susur sungai
  4. Berkunjung ke desa enclave
  5. Indian canoe
  6. Lempar pisau
  7. Outbond yang sebenarnya; pengenalan botani, trik membuat api tanpa korek, dan masih banyak lagi jenis kegiatan lainnya yang bisa Anda ikuti.

Bagaimana Dengan Harga Tiket Masuk?

Jika Anda hanya ingin berkunjung tanpa mengikuti beberapa kegiatan yang tersedia di sana, maka tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 10.000/orang. Namun jika Anda ingin mengikuti sejumlah kegiatan yang ada, maka biayanya beda lagi.

Info Lainnya:  Situs Batu Kuda: Situs Bersejarah yang Ada di Kaki Gunung Manglayang

Itu dia sedikit informais mengenai Taman Buru Masigit Kareumbi yang memang baru saja kami kunjungi beberapa pekan yang lalu. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda semua.