Tempat Wisata Alam di Jogja

0
23

Jogja yang kita kenal sebagai kota pelajar ternyata menyimpan sejuta keindahan alam. Patut disyukuri, selain kota nya yang indah alamnya pun menakjubkan. Lantaran tak habis habisnya jika membicarakan tempat wisata di Jogja. Bahkan tak sedikit orang ingin kembali mengunjungi Jogja, karena satu kali berkunjung rasanya belum cukup. Tidak hanya itu, Jogja dikenal juga dengan kuliner khasnya yaitu gudeg.

Dalam artikel ini akan sedikit mengulas tentang tempat wisata alam di Jogja yang bisa anda kunjung. Seperti deretan pantai yang indah di daerah gunung kidul, bukit indah dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah tempat wisata alam di Jogja yang bisa dikunjungi kapan saja:

  1. Kalibiru

Tempat wisata alam di Jogja yang sempat hits di media sosial adalah wisata alam Kalibiru. Hingga sekarang pun wisata alam kalibiru masih diburu pengunjung, selain untuk melihat keindahan alam tentunya pengunjung mengabadikan diri mereka. Beralamatkan di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Disini anda bisa menikamati keindahan alam tanpa melalui alat bantu seperti teropong, melainkan dengan mata telanjang. Terdapat sebuah menara pandang dari kayu, dari situlah anda bisa melihat langsung waduk sermo dan pegunungan. Jika anda datang ke wisata alam kalibiru dan cuaca sore hari cerah anda bisa menikmati matahari tenggelam tepat depan mata anda. Menarik bukan untuk dikunjungi? Untuk harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 / orang.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Tidak semua daerah bahkan negara memiliki gurun pasir. Namun Yogyakarta memilikinya, Gumuk Pasir Parangkusumo namanya. Terletak di Kabupaten Bantul, wisata alam ini memiliki daya tarik tersendiri. Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Parangtritis, disana pengunjung bisa malakukan selancar diatas bukit atau sandboarding. Karena lokasinya dekat pantai yang terkenal di Jogja, sebaiknya sempatkan untuk mampir ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Info Lainnya:  10 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Kaliurang Jogja

  1. Tebing Breksi

Tempat wisata alam di Jogja selanjutnya adalah Tebing Breksi. Dulunya lokasi ini merupakan lokasi pertambangan batu breksi namun kini berubah menjadi tempat wisata sekaligus sebagai cagar budaya. Dari puncak tebing anda akan bisa melihat pemandangan yang tak terduga, anda bisa melihat Gunung Merpi, Candi Prambanan, Candi Barong, candi Sojiwan dan Kota Yogyakarta. Beralamat di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, kecamatan Prambanan, Slemen, Yogyakarta.

  1. Bukit Pangguk Kadiwung

Kata siapa menikmati negeri diatas awan harus pergi ke gunung? Nyatanya tidak, salah satu tempat wisata alam di Jogja ada yang menyajikan pemandangan seperti di puncak gunung. Bernama Bukit Pangguk Kadiwung, terletak di Kadiwung, Mangunan, bantul, Yogyakarta. Ditempat ini dipenuhi dengan kabut yang pekat, karena jika anda berdiri di menara pandangnya anda seperti sedang berada di atas awan. Keindahan akan lebih lengkap ketika dibarengi dengan waktu tenggelamnya matahari. Hanya dengan Rp. 22.000 kapan lagi bisa merasakan sensasi di atas awan, dan tempat ini buka 24 jam loh.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata alam di Jogja selanjutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Beralamatkan di Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Hutan pinus ini memiliki daya taris tersendiri. Jajaran pohon pinus yang rapi ditambah dengan bangku kayu menjadikan anda merasakan tenang untuk berdiam diri atau menenangkan pikiran. Bahkan tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan ini, namun jika anda melakukan pemotretan (pre wedding) dikenakan biaya khusus. Sedangkan jam operasionalnya mulai dari jam 06.00-17.30 WIB.