10 Tempat Wisata Budaya Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Penting untuk di ketahui, bahwa ternyata Bandung merupakan salah satu kota yang sangat terkenal di Jawa Barat. Hal ini di karenakan Bandung sendiri memiliki kondisi geografis yang sangatlah unik yang mana di kelilingi oleh panorama alam yang angatlah indah dan juga unik.

Bukan hanya itu, Bandung juga banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik dari luar atau bahkan dalam kota. Bukan hanya wisata alam dan juga wisata kuliner, namun Bandung sendiri juga sangat terkenal dengan wisata budaya dan juga wisata sejarah yang memang sangat patut untuk kita ketahui.

Nah, di bawah ini ada beberapa tempat wisata budaya yang wajib Anda kunjungi ketika Anda tengah pergi ke Bandung, apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo ini merupakan salah satu Paguyuban Kesenian Sunda yang berada di kota Bandung bagian timur. Paguyugan Seni ini di dirikan oleh sepasang suami istri yang bernama Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati yang mana pendiriannya di mulai sejak tahun 50-an.

Saung ini di dirikan oleh sepasang suami ini dengan tujuan untuk melestarikan kesenian Sunda yang memang semakin waktu semakin di lupakan. Karena adanya respon yang sangat baik, maka Saung ini resmi berdiri sejak tahun 1966.

Nah, bagi And ayang ingin berkunjung ke kawasan ini, maka Anda akan memperoleh beberapa fasilitas yang memadai, yang memang akan mendukung musim liburan Anda. Bukan hanya bersenang-senang, namun ketika Anda datang ke lokasi ini, Anda juga akan mendapatkan pelajaran yang lebih banyak.

2. Taman Budaya Jawa Barat

Taman wisata ini mungkin sudah lama terkenal, bahkan bisa di katakan sejak zaman penjajahan belanda. Namun dulu tempat ini lebih di kenal sebagai tempat minum teh juga kuliner orang-orang bangsawan, dan lebih di kenal sebagai Dago The Huis atau Rumah Teh Dago.

Namun seiring berjalannya waktu, kini tempat tersebut sudah berganti fungsi menjadi Taman Budaya Jawa Barat. Dan untuk saat ini, Taman Budaya Jawa Barat ini memiliki nama Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat. Nah adanya pergantian fungsi ini sebenarnya bukan tidak memiliki tujuan, karena jelas mereka memiliki tujuan yang baik di balik adanya kawasan tersebut, yaitu untuk melestarikan kebudayaan Sunda. Di kawasan ini, para wisatawan bisa melihat pertunjukan juga teater terbuka yang masih memiliki kaitan dengan budaya Sunda.

3. Kampung Adat Mahmud

Apakah Anda mengenal kampung budaya yang satu ini? Kampung ini merupakan salah satu pusat penyebaran agaram Islam di kota Bandung ini. Lokasi kampung ini berada di Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.
Sesuai dengan namanya, kampung ini memang merupakan kawasan yang sangat kecil, namun pastinya memiliki peranan yang sangat besar untuk masyarakat Bandung.

4. Museum Barli

Musium Barli merupakan salah satu Musium yang berada di Bandung, yang mana Musium ini tidaklah begitu ramai oleh pengunjung. Padahal Museum ini berlokasikan di Jl. Prof. Ir. Sutami.

Di dalam Museum ini terkumpul sejumlah karya seni dari sejumlah pelukis yang sangat terkenal yang berasal dari kota Bandung, yang mana pelukis ini bernama Barli Sasminawinata. Dan di Meseum ini pastinya terdapat sejumlah lukisan karya Barli yang mana memiliki nilai yang sangat inggi.

5. Gedung Kesenian Rumentang Siang

Gedung Kesenian ini berlokasikan di Jln. Baranang Siang, Bandung. Yang mana gedung ini adalah salah satu gedung yang memang kerap kali di jadikan sebagai tempat untuk melangsungkan berbagai aktifitas kesenian di Bandung.

6. Padepokan Seni Mayang Sunda

Padepokan ini adalah salah satu padepokan terkenal yang ada di Kota Bandung, yang mana berlokasikan di Jln. Peta Bandung.
Gedung ini sendiri adalah gedung yang dimiliki oleh pemerintah daerah kota Bandung, dan sampai saat ini Gedung Seni Mayang Sunda ini masih berfungis dengan sangat baik.

7. Goa Belanda dan Goa Jepang

Goa Belanda ini adalah salah satu goa peninggalan zaman penjajah Belanda yang mana lokasinya berada di Taman Hutan Raya Juanda, Dago Pakar, Kota Bandung. Dulunya Goa ini adalah sebuah terowongan PLTA, dan terdapat sekitar 15 lorong serta beberapa ruangan yang sangat bersejarah.

Bukan hanya itu, di dalam Goa tersebut juga terdapat beberapa kamar yang dulunya di jadikan sebagai tempat peristirahatan para tentara Belanda, adanya Penjara, serta adanya ruangan Interogasi yang di peruntukkan bagi para tahanan.

Sama halnya dengan Goa Belanda, Goa Jepang juga merupakan salah satu Goa yang sangat bersejarah, yang lokasinya jugva terdapat di Taman Hutan Raya Juanda. Untuk jarak dari Goa Belanda ke Goa Jepang hanya berkisar 400 meter saja.

8. Gedung Sate

Gedung Sate adalah salah satu gedung pemerintahan yang sangat populer di kota Bandung, yang mana memiliki ciri khas yaitu atap gedung yang menyerupai sate. Bukan hanya itu, Gedung Sate ini juga memiliki design dan juga corak gedung yang sangat unik, dan hal inilah yang menjadikan gedung ini sebagai salah satu ikon Jawa Barat.

9. Gedung Merdeka

Tidak jauh dari Gedung Sate, ada Gedung Merdeka yang mana memiliki nilai bersejarah yang sangat kuat. Gedung ini adalah salah satu gedung bersejarah yang memang di jadikan sebagai tempat konferensi Asia Afrika (KAA) pada bulan Aptil 1955.

10. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju)

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) adalah salah satu Museum yang sangatlah bersejarah yang mana menunjukkan perjuangan rakyat Jawa Barat di tatar sunda atau Parahiangan. Monumen ini di resmikan olej Gubernur Jawa Barat yaitu Raden nana Nuriana pada tanggal 23 Agustus 1995.

Monumen Perjuangan ini berlokasikan di Jln. Dipati Ukur (DU) No 48, Kota Bandung. Yang mana lokasi ini sangat tepat berhadapan dengan Gedung Sate serta tepat berada di depan Kampus Universitas Padjajaran (UNPAD).

Nah, itu dia beberapa tempat wisata bersejarah di kota Bandung yang wajib untuk Anda ketahui dan kunjungi. Tunggu apalagi, yuk buruan kita berkunjung ke lokasi tersebut.