TEMPAT WISATA DI JAKARTA

0
19

Tidak kerasa sudah mau akhir tahun aja ya? Di hari libur kayanya enak ya buat liburan? Pastinya akan kalian gunakan untuk liburan. Bagi kalian yang ada di Jakarta atau ingin main ke daerah Jakarta bisa anda kunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta yang telah kami rangkum dan direkomendasikan untuk kalian yang sedang penat, kita langsung bahas saja.

  1. Kepulauan seribu

Untuk tempat pertama yang akan kami bahas adalah kepulauan seribu, meskipun Jakarta termasuk kota metropolitan, percayalah masih ada tempat yang  enak bernuansa alam. Tempat wisata di Jakarta ini tepatnya berada di Jakarta Utara. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke tempat liburan ini bukan hanya berasal dari dalam negeri akan tetapi dari luar negeri. Berarti tempat ini sudah terkenal? Pastinya sudah terkenal karena banyak orang yang mengetahui dan banyak yang memilih tempat ini sebagai tempat liburannya.

Tempat wisata di Jakarta ini memiliki pulau sebanyak 128 buah pulau dan masing masing pulau memiliki ciri khasnya sendiri. Ada pulau yang terkenal dengan jembatan cintanya, ada pulau yang asyik untuk melihat matahari tenggelam maupun terbit, ada pulau yang dapat menawarkan keindahan alam dengan snorkeling, ada pula pulau yang  terkenal dengan nilai-nilai mistisnya yang  terkenal dengan penjaga pulau tersebut dan dipercaya dapat membawa manfaat bagi para pengunjungnya.

Nah, bagi  kalian yang ingin ke tempat wisata di Jakarta yang satu ini kalian memerlukan waktu 2 jam dari darat untuk sampai. Untuk transportasi  kalian bisa menggunakan kapal atau speed boot untuk belayar menuju tempat wisata di Jakarta satu ini. Kepulauan seribu sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba hal-hal baru dan menyukai pantai.  Akan tambah seru jika kalian ajak teman-teman maupun keluarga.

Info Lainnya:  Pesona Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu

Tempat wisata di Jakarta satu ini masih dapat dikatakan masih asri, meskipun kita mengetahui bahwa Jakarta adalah kota dengan polusi yang cukup lumayan tinggi di Indonesia. Disini kalian bisa melakukan berbagai aktivitas dengan sangat bebas dan membuat kalian happy, apa saja aktivitasnya diantaranya adalah memancing ikan,melakukan diving, kalian juga bisa melihat terumbu karang loh di tempat ini, melihat berbagai biota yang menarik dari berbagai jenis keanekaragaman hayati.

  1. Taman Situ Lembang

Tempat wisata di Jakarta kedua yang akan kami bahas adalah taman yang berada di  Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat atau tepatnya di tengah pusat kota Jakarta.  Kalian pernah dengar tidak ternyata taman ini sering di pakai untuk piknik keluarga atau dijadikan tempat jogging? Belum. Okay, Jika belum kami coba bahas secara singkat.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini adalah salah satu taman tertua di Jakarta  dan taman ini memiliki  danau kecil yang sumber airnya dari sumber air alam. Tadi kami menyinggung soal jogging ya, nah iya di sini terdapat  jogging track di sekeliling danau. Jadi kalian bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat santai. Selain itu jika kalian kesini jangan lupa untuk mencoba sensi memancing  ikan gurami, mujair, mas dan lainnya. Kalian tahu Tidak berapa harganya untuk kalian bisa menikmati sensasi memancing tersebut? Gratis.

Tempat wisata di Jakarta yang tidak memungut biaya? Beneran dong masa bohong. Yasudah jika tidak percaya kalian bisa tanya langsung atau cari  kumpulan informasi dari manapun mengenai ini . Di taman ini juga terdapat air terjun ditengah-tengah danau. Keren kan? Disini juga kalian bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh taman ini. Emang apa saja fasilitasnya? Penasaran? Kita bahas sekarang,

Info Lainnya:  Pesona Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu

Nah fasilitasnya itu berupa area tempat parkir jadi kalian tidak bingung jika kalian bawa kendaran dan ingin parkir di satu tempat dengan kalian, ada juga tempat memancing ini sangat cocok bagi kalian yang ingi sekali mencoba mengendalikan emosi diri, kamar mandi, tempat istirahat bagi kalian yang sudah lelah dengan berbagai aktivitas yang kalian lakukan itu bisa kalian beristirahat di tempat istirahat, area jogging , dan lain-lain. Jika sudah tahu nih apa aja yang ada di suatu tempat kalian pasti kalian sudah Tidak sabar ingin kesana

  1. Setu Babakan

Tempat wisata di Jakarta  yang terakhir yang akan kami bahas adalah setu babakan. Kalian coba tebak awalnya setu babakan ini dulunya memang difungsikan untuk rekreasi atau tidak? Iya, betul sekali. Setu babakan ini dulunya berfungsi sebagai resapan air di kawasan Jakarta Selatan. Jadi kalau gitu, awalnya bukan untuk rekreasi? Iya, bukan. Namun, lama kelamaan menjadi sebuah tempat rekreasi sekaligus edukasi.

Tempat wisata di Jakarta ini uniknya lama kelamaan di bangun sebuah perkampungan Betawi. Sehingga menjadi cagar budaya betawi. Bagi kalian warga betawi asli atau bukan, kalian bisa belajar segala hal tentang budaya betawi di sini. Di sini kita bakal belajar budaya  betawi itu apa aja? Banyak dong. Dari mulai seninya, kebiasaan mereka, kuliner mereka, dan lain-lain. Sangat menggiurkan bukan?

Tempat wisata ini juga sering sekali mengadakan acara atau festival, seru tidak ? Seru dong, apa aja sih acara atau festival yang diadakan di Setu Babakan untuk tahun ini? Ada pergelaran seni dan komedi betawi. Namun, acara maupun festival ini bukan hanya berlangsung 1 atau 2 bulan saja akan tetapi bisa jadi beberapa bulan. Namun, dikemas secara berbeda meskipun nama acara maupun nama festival itu sama.

Info Lainnya:  Pesona Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu

Perkampungan betawi di tempat wisata di Jakarta itu di bangun dimananya? Nah, perkampungan betawi ini di bangun di sekeliling  setu babakan . luas perkampungan betawi ini mencapai  289 Hektar dan 65 Hektarnya adalah milik pemerintah. Namun, meskipun begitu baru 32 Hektar yang baru di kelola.  Tahukah kalian bahwa di tempat wisata Jakarta ini, tepatnya di perkampungan betawi di huni oleh hampir sebagian besarnya penduduk asli  betawi dan sebagian kecilnya di huni oleh para pendatang.

Pendatang di sini berasal  Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan lain-lain yang sudah tinggal di kawasan ini selama 30 tahun. Ada yang jauh-jauh juga ya. Penduduk di sini mencapai 3 ribu kepala keluarga loh, banyak bukan? Meskipun kita tahu bahwa daerah Jakarta itu memiliki suhu yang cukup panas. Namun, tempat wisata di Jakarta ini menyajikan panorama keindahan dan kesejukan yang masih terjaga.

Selain itu, jika kalian lapar kalian bisa juga mencicipi makanan khas betawi. Coba tebak kenapa? Benar, sudah jelaslah ya karena di sini banyak sekali warung-warung makanan atau pedagang yang menawarkan makanan khas betawi. Kalian tahu apa saja makanan khas betawi?  Roti buaya, kerak telor, ketoprak, dan lain-lain. Ini wajib sekali kalian ketahui tiket masuk kesini itu gratis dan  waktu operasional di mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB. Lokasinya berada di srengseng sawah,kecamatan JaTidakarsa,Kota Madya, Jakarta Selatan.

Itulah beberapa tempat yang menurutku asyik, semoga bermanfaat ya. Seperti biasa kami akan menyarankan agar kalian bawa teman atau keluarga ke beberapa tempat diatas agar lebih seru.