Tempat Wisata Di Solo Yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
51

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Solo? Kota yang berada di Jawa Tengah bernama resmi Surakarta ini memang cukup terkenal dikalangan wisatawan. Tidak hanya memiliki latar sejarah yang kental saja, Solo juga mempunyai pemandangan alam yang sangat cantik dan juga eksotis. Dari pemandangan alam yang dimilikinya tentunya tidak heran bahwa Solo memiliki objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata bersejarah, wisata alam, wisata budaya, wisata religi sampai dengan wisata yang modern. Lalu, apa saja tempat wisata di Solo? Berikut ulasannya!

Grojongan Sewu Tawangmangu

Salah satu tempat wisata di Soli yang paling terkenal dan banyak sekali dibicarakan yang pertama yaitu Grojongan Sewu Tawangmangu. Destinasi wisata ini berupa air terjun setinggi 80 meter yang berlokasi di sisi barat Gunung Lawu atau sekitar 37 km dari Pusat Kota Solo yang menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi wisata, para wisatawan harus mendaki 1.000 anak tangga. Di sepanjang perjalanan anda akan melihat pemandangan kanan-kiri yang sangat indah, perjalanan akan sangat menyenangkan jika anda pergi liburan bersama-sama. Namun mitosnya, jangan coba-coba anda membawa pasangan main kesini karena konon katanya jika membawa pasangan jalinan asmara akan bubar di tengah jalan. Namun, terlepas dari mitos tersebut pemandangan yang ditawarkan akan lebih mengalihkan perhatian anda dibandingkan dengan pasangan. Tempat wisata ini akan ramai dikunjungi saat akhir pekan.

Tiket Masuk       : Rp. 20.000 per orang

Keraton Surakarta

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa Solo juga terkenal dengan tempat wisata sejarahnya salah satunya yaitu Keraton Surakarto. Bangunan ini didirikan pada tahun 1744 dengan maksud untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan. Keraton Surakarta memang menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disini para wisatawan bisa melihat berbagai koleksi peninggalan kasunanan yang disimpan seperti gamelan, replika pusaka keraton, dan benda-benda lainnya termasuk benda pusaka pemberian dari raja-raja Eropa. Belum anda informasi mengenai harga tiket, namun dipastikan untuk harga tiket masuk pasti terjangkau.

Info Lainnya:  Objek Wisata Di Kuningan

Taman Sriwedari

Objek wisata sejarah berikutnya yaitu Taman Sriwedari. Selain dipakai sebagai lokasi hiburan rutin pada malam Selikuran, taman ini juga pernah dipakai menjadi tempat penyelenggaraan PON pada tahun 1948 dan sampai sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Taman Sriwedari telah menjadi pusat hiburan, seni dan juga budaya masyarakat Solo sekitarnya. Maka saat anda berkunjung ke Solo jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini.

Tiket Masuk       : Rp. 3.000 per orang

Opening Hours  : 10.00 – 22.00

Kebun Binatang Taru Jurug

Tidak hanya wisata bersejarah, Solo juga memiliki tempat wisata yang ramah untuk anak-anak berupa kebun binatang. Objek lokasi ini berada di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo. Lokasi Kebun Binatang Taru Jurug ini memang cukup strategis karena berada di sebelah Universitas Sebelas Maret. Disini anak-anak bisa melihat berragam jenis satwa langka seperti merak hijau, harimau sumatera, iguana dan masih banyak lagi satwa lainnya. Tidak hanya satwa saja anak-anak juga bisa melihat berbagai jenis flora. Saat akhir pekan, kebun binatang ini ramai dikunjungi banyak sekali wisatawan yang datang dari luar kota. Jika anda tertarik untuk mengelilingi kebun binatang anda bisa menyewa gajah yang disewakan khusus untuk penumpang.

Tiket Masuk       : Rp. 8.000 per orang

Opening Hours  : 07.00 – 17.00

Itulah beberapa objek wisata di Solo yang harus anda kunjungi. Semoga liburan anda menyenangkan dan ulasan artikel ini menjadi referensi untuk anda!