Gedung Sate; Ikon Jawa Barat yang Ada di Bandung

0
38

Jika anda berencana untuk berkunjung ke Bandung, kiranya belum lengkap jika tidak berkunjung ke gedung sate. Yup betul sekali.. Gedung sate adalah ikon jawa barat yang terletak di kota bandung. Kurang berasa liburan di bandung jika tak berkunjung ke lokasi tersebut. Meski mungkin anda tak bisa masuk kedalam gedung, tapi tak apalah setidaknya anda bisa melihat langsung ikon dari provinsi jawa barat tersebut. Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto didepan gedung yang sangat khas tersebut.

Sejarah Gedung Sate

Sebelum mengetahui apa saja yang bisa anda lakukan di gedung sate, ada sedikit informasi tentang sejarah lokasi wisata tersebut yang mungkin belum anda ketahui. Ya, sebetulnya gedung sate ini merupakan peninggalan dari belanda yang kemudian direnovasi dan kini digunakan sebagai kantor pemerintahan provinsi jawa barat. Gedung tersebut diarsiteki oleh dua arsitek muda bernama Ir.J.Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks yang merupakan lulusan teknik fakultas  Delft Nederland. Pada awalnya, gedung tersebut diberi nama Gouvernements Bedrijven (GB) yang pertama kali diresmikan pada 27 Juli 1920.

Gaya Arsitektur Monumental

Banyak yang mengatakan jika gedung sate ini merupakan karya arsitektur yang sangat monumental. Ir.J.Gerber fokus menyematkan wajah arsitektur tradisional Nusantara. Namun demikian beberapa diantaranya ada juga yang mengatakan bahwa arsitektur yang diterapkan ada sisipan khas eropa sehingga jadi gabungan hasil arsitektur indo-eropa yang fenomenal. Bahkan ada juga yang mengatakan kalau gedung sate ini adalah bangunan terindah yang ada di Indonesia. Ya, ada salah satu bagian unik dari gedung ini yakni 6 tusuk sate yang ada di bagian atas menara. Konon makna dari 6 tusukan sate tersebut melambangkan 6 juta gulden biaya yang dihabiskan untuk membangunnya.

Info Lainnya:  Warung Alam Cibutak: Wisata Alam Dengan Biaya Murah

Bagian-bagian Gedung Sate

Gedung sate berdiri di areal seluas 27.990,859 m². Gedung sate ini saling berhadapan dengan monument perjuangan yang ditengahnya ada lapangan gasibu dan taman pramuka. Kemudian untuk luas bangunannya, gedung sate ini terdiri dari luas 10.877,734 m². Dalam bangunan tersebut ada beberapa bagian penting yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dimana bagian lantai satu sebagai ruangan primer dari mulai ruang tamu, rapat dan aula. Sementara di ruangan kedua yakni digunakan sebagai ruang kerja pemerintah daerah. Ada beberapa ruangan pejabat utama disana seperti Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, Assisten dan Biro lainnya.

Dimana Lokasi Gedung Sate?

Lokasi gedung sate ada di Jalan Diponegoro No. 22. Lokasi tersebut sangat ideal karena berada di bagian pusat kota. Anda bisa menemukan banyak sekali lokasi vital baik gedung pemerintahan, kampus ataupun lokasi wisata lain. Di depan gedung sate, ada lapangan gasibu yang didesain dengan sangat futuristic, kemudian ada juga monument perjuangan dan banyak taman –taman baru di sekitar lokasi tersebut.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Gedung Sate

Untuk isi bangunan gedung sate memang bukan merupakan objek wisata yang bebas dimasuki oleh siapa saja. Jika anda mau memasuki bagian dalam gedung, tentu anda harus mendapatkan ijin terlebih dahulu. Sebetulnya bukan hal yang sulit untuk mendapatkan ijin asalkan prosedurnya anda jalankan dengan benar. Namun ada beberapa aktivitas gratis yang bisa anda lakukan di sekitar lokasi seperti foto selfie, dan juga banyak yang lainnya. Anda juga bisa menikmati keindahan gedung sate dari bagian depan yakni dari lapangan gasibu. Kalau anda pergi kesana di hari minggu, anda akan menemukan banyak barang-barang murah karena ada pasar kaget atau pasar tumpah.

Info Lainnya:  Kampung Batu Malakasari Teknopark: Ekowisata di Bandung Selatan

Berapa Biaya Masuk?

Jika anda hanya berwisata di bagian luar, anda bisa melakukannya sepuasnya karena memang tidak dipungut biaya aliar gratis. Sementara itu, jika anda mau masuk ke bagian gedung, biasanya juga memang gratis asalkan melalui prosedur yang benar. Namun memang akan sulit karena bagian depan tidak dibuka untuk wisata secara umum.

Nah itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai objek wisata gedung sate. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk datang kesana? Ya, pokoknya kalau datang ke bandung belum afdol jika gak berfoto di depan gedung sate ya..