Wisata Alam Kalibiru

0
35

Bagi anda yang membutuhkan liburan yang menyenangkan dan menenangkan, yogyakarta bisa menjadi destinasi wisata anda, selain banya wisata budaya dan sejarah, Yogyakarta memiliki objek wisata alam yang mampu menenangkan hati dan pikiran anda karena kepenatan saat kerja dan lelah dengan hiruk pikuk perkotaan, salah satunya adalah Wisata Alam Kalibru, yang sayang sekali jika anda lewatkan saat berlibur di Yogyakarta.

Wisata Alam Kalibiru sendiri berlokasi di Kulon Progo, Yogyakarta, wisata yang menyatu dengan alam ini lebih tepatnya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo Yogyakarta, anda harus menempuh perjalanan sejauh 40 km dari Pusat Kota Yogyakarta, selain itu wisata alam kalibiru pun berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti air terjun Sidoharjo, Waduk Sermo, dan masih banyak lagi, namun Wisata Alam Kalibiru menawarkan pemandangan yang tak terlupakan.

Ada beberapa rute yang bisa anda lalui untuk sampai di Wisata Alam Kalibiru sebagai Berikut :

  1. Rute Clereng

Perjalanan Rute Clereng memang yang paling cepat, dari pusat kota ambill perjalanan menuju arah Sentolo dilanjut menuju Pengasih, dari perempatan Pengasih belok ke Kanan menuju arah Clereng hingga anda sampai di Kalibiru.

  1. Rute Kota dari Malioboro

Jika anda datang dari arah Malioboro anda bisa melewati jalur ini meski jalur ini memang jarang digunakan, anda perlu mengambil jalur menuju Purwerejo hingga sampai di Terminal Wates di lanjut menuju Waduk Sermo hingga anda sampai di Kalibiru.

  1. Rute Sermo

Meski terhitung cukup lama jika menggukan rute ini, namun banyak wisatawan yang menggunakan Rute Sermo, hal ini karena diperjalanan anda bisa melihat pemandangan indah dari Waduk Sermo, rute ini cocok bagi kamu yang senang menikmati pemandangan sekitar, anda bisa melewati daerah Sentolo menuju Pengasih hingga Alun-alun wates hingga sampai ke Beji – Sermo, dari sermo dilanjut menuju kalibiru anda tinggal mengikuti petunjuk arah saja, hingga sampai ke Wisata Alam Kalibiru.

Info Lainnya:  Keindahan Desa Pentingsari Yang Dijadikan Sebagai Desa Wisata

Sesampainya di Kalibiru anda akan disambut dengan suasana yang sejuk dan pepohonan rindang, ada juga menara pandang untukk menikmati pemdanangan dari perbukitan yang ada di Wisata Alam Kalibiru, dan salah satu spot yang paling diminati para wisatawan yakni berofoto dari kayu duduk  yang berada di atas pepohonan, dari sana anda bisa melihat pemandangan bebereapa pegunungan dan danau, jika anda ingin berfoto dari atas pohon ini anda bisa membayar Rp. 10.000 saja dan anda akan difotokan oleh fotografer khusus, selain itu anda bisa melakukan kegiatan outbond yakni seperti flying fox yang bisa dicobab oleh semua kalangan anda cukup membayar Rp. 10.000 saja untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak, namun flying fox sendiri hanya bisa digunakan pada hari minggu saja.

Ada juga jembatan monyet, yakni jembatan gantung yang menghubungan pohon yang satu dan pohon yang lainnya, ada juga faslitias Trekking bagi anda yang hobi aktivitas ini, anda bisa bebas memilih trek mana yang ingin anda lalui mulai dari 1,5 km, 3 km, 5km dan yang terjauh 7km, selama perjalanan trekking jika beruntung anda bisa bertemu dengan keanekaragaman fauna yang ada di kawasan trekking. Untuk fasilitas di Wisata Alam Kalibiru cukup lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, ada juga kios-kios makanan, camping ground, homestay, pendopo. Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000 saja.