Wisata Bukit Tinggi yang Kekinian

0
88

Wisata Bukit Tinggi – Provinsi Sumatera Barat adalah salah satu kota terbesar nomor 2 di Indonesia. Salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat adalah Bukit Tinggi, dimana wilayah ini berada di puncak ketinggian 909 – 941 mdpl. Karena berada di ketinggian tentu saja Bukit Tinggi memiliki udara yang cukup sejuk dengan suhu udara mulai dari 16,1 – 24,9 derajat celciurs. Nah, dikarenakan berada di ketinggian juga tentunya Bukit Tinggi memiliki mempunyai keindahan alam tersendiri yang ditawarkan sehingga tidak heran menjadi salah satu daerah yang memiliki tempat wisata cukup terkenal. Bukit Tinggi saat ini menjadi salah destinasi tujuan wisata terfavorit di Sumatera Barat yang ramai sekali dikunjungi saat musim liburan telah tiba.

Lalu, Apa Saja Wisata Bukit Tinggi?

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa Bukit Tinggi merupakan salah satu daerah di dataran tinggi yang mempunyai pemandangan yang sangat indah sehingga tidak heran karena keindahan yang disajikannya terdapat banyak sekali tempat wisata Bukit Tinggi yang wajib anda kunjungi. Berikut beberapa tempat wisata Bukit Tinggi yang sayang jika dilewatkan :

  1. Jam Gadang

Salah satu wisata Bukit Tinggi yang wajib dikunjungi adalah Jam Gadang. Jam ini dibangun sekitar tahun 1926 yang konon katanya untuk membangun Jam Gadang ini membutuhkan dan kurang lebih 3.000 Gulden yang merupakan biaya yang sangat mahal. Jam Gadang ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tidak heran selain dijadikan sebagai tujuan wisata, jam ini juga dijadikan titik nol Kota Bukit Tinggi. Disini para pengunjung bisa melihat keindahan dan kemegahan jam raksasa, waktu terbaik untuk menikmati betapa megahnya Jam Gadang ini yaitu pada saat malam hari. Lokasi keberadaan Jam Gadang ini juga tentunya sangat strategis dan tentu saja fasilitas juga cukup lengkap terutama dalam hal tempat makan dan penginapan.

Info Lainnya:  Tempat Wisata Di Solo Yang Tidak Boleh Dilewatkan
  1. Kebun Binatang Bukit Tinggi

Selain Jam Gadang, tempat wisata Bukit Tinggi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi lainnya yaitu Kebun Binatang dimana kebun binatang yang berada di Bukit Tinggi ini didirikan saat pemerintahan Hindia-Belanda pada tahun 1900-an. Awalnya kebun binatang ini hanyalah sebuah taman margasatwa dan budaya kinantan berupa taman kecil namun seiring berkembangnya waktu kebun binatang ini dikembangkan lagi menjadi lebih luas dan menjadi salah satu objek wisata Bukit Tinggi favorit. Salah satu hal yang menonjol dari tempat wisata ini yaitu adanya rumah adat Baajuang. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan lokasi tempat wisata juga tentunya sangat strategis sehingga tidak heran tempat ini pada pengunjung saat musim liburan telah tiba.

  1. Danau Maninjau

Jika anda mencari tempat wisata alam berupa danau di Kota Bukit Tinggi, maka Danau Maninjau adalah jawabannya. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona ditambah dengan udara yang sejuk dan menyegarkan. Lokasi dari danau ini yaitu 36 km dari pusat kota Bukit Tinggi, akses jalan menuju ke tempat ini cukup rumit karena anda harus melewati jalan yang berbelok cukup banyak salah satu belokan yang cukup terkenal yaitu kelok 44 atau ampek puluh ampek. Jadi, jika anda ingin berlibur di Danau Maninjau sebaiknya gunakanlah kendaraan yang benar-benar terawat. Sesampainya di danau anda akan melihat betapa indahnya panorama keindahan Danau Maninjau yang konon katanya danau ini adalah danau terluas kedua setelah Danau Singkarak. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap terutama penginapan dan juga rumah makan.

Itulah beberapa tempat wisata Bukit Tinggi yang tidak boleh dilewatkan. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Bukit Tinggi sebaiknya anda memiliki paket wisata tour Bukit Tinggi agar perjalanan anda lebih menyenangkan lagi. Selamat berlibur!