Wisata Di Kaliurang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
14

Objek wisata di Kaliurang memang tidak bisa diragukan lagi, terdapat berbagai macam objek wisata yang menyimpan keindahan yang akan memanjakan mata siapa saja yang berkunjung. Lokasi Kaliurang sendiri berada di kaki Gunung Merapi, suasana alam yang masih sangat hijau asri di tambah dengan udara yang jauh dari polusi membuat Kaliurang menjadi salah satu tempat yang selalu diburu oleh para wisatawan untuk berpariwisata saat musim liburan telah tiba. Panorama alam yang sangat apik, membuat siapapun akan betah dan enggan pulang. Apa saja objek wisata di Kaliurang? Berikut ulasannya!

Inilah Beberapa Tempat Wisata Di Kaliurang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Seperti telah dijelaskan pada ulasan diatas bahwa Kaliurang merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata cukup beragam. Berikut ini beberapa objek wisata di Kaliurang yang tidak boleh dilewatkan :

  1. Stonehenge Cangkringan

Objek wisata di Kaliurang yang pertama yaitu Stonehenge Cangkringan. Tempat ini berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Salah satu daya tarik dari tempat wisata yang satu ini yaitu gugusan batu raksasa tinggi dibawah hamparan rumput hijau yang akan menjadi salah satu spot foto menarik seperti Monumen Stonehenge yang terkenal di Inggris. Bila anda beruntung, anda akan mendapatkan langit biru yang cerah sehingga saat anda berswafoto tentunya akan semakin elegan lagi. Untuk bisa menikmati keindahan di tempat ini anda akan dikenakan biaya masuk Rp. 10.000 per orang dan untuk jam operasionalnya, Stonehenge Cangkringan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

  1. Meseum Gunung Merapi

Salah satu daya tarik dari Meseum Gunung Merapi ini yaitu bentu meseumnya yang seperti trapesium dengan pintu masuk yang dibuat segitiga sama sisi berwarna merah seperti halnya gunung. Saat wisatawan memasuki meseum ini tentunya kesan pertama yang akan dilihat adalah replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi ditambah dengan suara gemuruh yang terdengar ke seluruh ruangan. Meseum ini terdiri dari 2 lantai yang seluruh lantai menghadirkan filosofi kegunungan, pengarsipan, benda yang berkaitan dengan gunung, display serta pemutaran film yang digunakan sebagai sarana pendidikan. Belum ada infomasi benar tentang tiket masuk namun lokasi dari Meseum Gunung Merapi sendiri berada di dekat Merapi Park yaitu di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem.

  1. Merapi Park
Info Lainnya:  47 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Saat anda berkunjung ke tempat wisata Kaliurang yaitu Merapi Park, anda akan disuguhkan dengan 10 landmark monumental dari berbagai negara. Walaupun hanya replika, namun ikon-ikon dari beberapa negara tersebut dibuat lebih mirip dengan aslinya hanya saja untuk ukuran tentunya lebih kecil daripada aslinya. Selain itu, di Merapi Park juga terdapat tanaman hijau ditambah dengan bunga-bunga yang beraneka ragam. Tempat ini memang menjadi salah satu tempat untuk berswafoto terbaik jadi jangan sampai anda melewatkannya. Karena merupakan tempat wisata cukup terkenal di Kaliurang tentunya fasilitas yang disediakanpun sudah cukup lengkap mulai dari tempat parkir, food courts, mushola dan beberapa fasilitas lainnya.

  1. Air Terjun Tlogo Muncar

Jika anda bosan berlibur di tempat wisata yang ramai dan ingin mencoba tempat wisata yang damai dan udara yang sejuk, Air Terjun Tlogo Muncar bisa menjadi solusinya. Air terjun ini menampilkan pemandangan yang alami serta hijau ditambah lagi dengan suhu udara di sekitar air terjun yang sangat sejuk tentu saja menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata yang menenangkan hati. Waktu terbaik untuk menikmati air terjun yaitu pada saat musim hujan karena pada saat musim kemarau debit airnya sedikit.

Itulah beberapa tempat wisata di Kaliurang yang wajib untuk dikunjungi. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda!