Wisata Taman Kenjeran Park Yang Unik Dan Menarik

0
109

Kota Surabaya dahulunya kurang ramah dalam sebuah kawasan wisata, namun semakin ke sini potensi Kota Surabaya cukup berkembang. Kota Surabaya hanya terkenal dengan museum kapal pesiar yang terletak di Stasiun Gubeng. Namun beberapa tahun belakangan ini, di kota Surabaya terdapat tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Kenjeran Park.

Kenjeran Park Merupakan sebuah tempat yang dulunya kumuh dan tidak pantas digunakan sebagai kawasan wisata. Menurut orang – orang disana Kenjeran Park dulunya sangat sepi sehingga dijadikan tempat nongkrong atau pacaran anak – anak muda. Kini kawasan ini telah berubah menjadi tempat yang paling keren. Selain itu kawasan ini tertata dengan baik dan rapi sehingga banyak orang – orang yang tertarik berkunjung ke tempat ini.

Tentang Kenjeran Park

Pantai Kenjeran merupakan pantai satu – satunya yang dikenal oleh masyarakat Surabaya, dikarenakan salah satu pantai yang dimiliki oleh Surabaya. Walaupun yaitu sebagai destinasi wisata. Kenjeran Park dulunya hanya sebuah pantai yang kumuh dan kotor. Namun saat ini Kenjeran telah dikelola oleh Pemerintah Kota Surabaya, sedangkan sebagian tempat lain dikelola oleh swasta yang sekarang bernama Universal Studio atlantis Land Kenjeran Park. Kawasan ini tidak jauh berbeda dengan Disneyland, Themepark dan Magic Kingdom Lego yang banyak dikenal oleh wisatawan dunia. Di tempat ini telah menyediakan berbagai macam wahana yang sangat menarik, diantaranya Playground, Ice Kingdom dan Mistery Land. Sedangkan untuk wahana yang menantang diantaranya Dark Coaster, Blizzard, Viking, Swing Drop dan berbagai wahana lainnya. Diperkirakan terdapat 30 jenis wahana yang tersedia. Sedangkan di sini juga terdapat museum yaitu sebagai wahana edukatif yang di sertai dengan panggung seni dan dikelilingi Dancing Water Fountain. Kawasan ini memiliki area yang cukup luas yaitu sekitar 60 hektar yang akan di kembangkan semua. Namun proses pembangunan telah dilakukan bertahap.

Info Lainnya:  HARGA TIKET MASUK DAN REVIEW LENGKAP TAMAN BUNGA NUSANTARA CIPANAS

Kebersihan di tempat ini sudah sangat baik hampir setiap hari dijaga dan dirawat oleh petugas khusus demi mlestarikan dan menjaga lingkungan sekitar kawasan ini. Selain menawarkan keindahan pantai, kalian dapat menikmati taman – taman yang sudah di tata dengan cantik dan rapi. Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap, di tempat ini juga terdapat sewa menunggang kuda hanya dengan membayar Rp. 15.000 untuk satu kali putaran.

Jika berkunjung ke kawasan Atlantis Land, disana terdapat spot foto yang sangat unik. Diantaranya terdapat tempat peribadatan Konghucu dan Budha, seperti Patung Budha empat wajah, Pagoda Tian Ti, patung Dewi Kwan dan Klenteng Sanggar Agung.

Patung Naga terdapat di belakang Klenteng yang merupakan tempat untuk berfoto. Disertai panorama pantai kenjeran yang sangat indah sehingga pengunjung betah di tempat ini. Begitupun dengan Pagoda Ti yang banyak dikunjungi oleh para pengunjung, bentuknya yang bundar dan mempunyai diameter 60 meter dengan ketinggian sekitar 50 meter tiga tingkat. Sungguh tempat ini merupakan sebuah tempat yang sangat unik dan menarik. Meskipun nama pagoda ini sama dengan pagoda yang ada di china, namun ukurannya sangat besar dibandingkan dengan ukuran yang aslinya. Nah, bagaimana menarik bukan? Menurut Bahasa Indonesia Tian Ti yaitu langit – langit. Nah, jika kalian berada di tempat pagoda  serasa ada di china. Selain itu terdapat beberapa patung yang seupa dengan phra phrom yang terletak di Bangkok Thailand yang berdiri kokoh dan memiliki luas 225 meter persegi.

Selanjutnya terdapat Klenteng Sanggar Agung yang mempunyai arsitektur mirip dengan Bali. Tempat ini yaitu dijadikan peribadatan umat Kunghuchu dan umat Budha. Bahkan sangkar burung ini telah dijadikan sebagai tempat ritual. Sedangkan arsitektur bangunan tersebut dijadikan mirip dengan negeri tirai bambu. Kemudian di sini juga menawarkan berbagai aneka makanan khas kota Surabaya, seperti sate kerang, lontong balap dan lain sebagainya. Selain itu rasanya juga enak – enak sehingga pengunjung bakal ketagihan menikmati aneka kuliner kota Surabaya ini.

Info Lainnya:  Wisata Di Tegal Terbaru

Nah, bagaimana masih belum percaya kalau pantai Kenjeran Park berubah menjadi seindah dan sekeren ini? Jadi, buat kalian yang berencana liburan kunjungi Kenjeran Park saja. Di jamin liburan kalian lebih seru dan menyenangkan.

Pesona Keindahan Kenjeran Park

Kejeran Park sangat cocok buat kalian yang ingin berlibur bersama keluarga atau sahabat, dikarenakan wisata tersebut menyajikan sekaligus wisata pantai, wisata edukasi dan wisata rekreasi hingga wisata religi. Kawasan ini manawarkan pemandangan yang cukup indah yang berlatar  belakang Jembatan Suramadu namun tampak kecil dari kejauhan. Walaupun pantai Kenjeran ini tidak begitu indah dari pantai bali. Tetapi pantai ini hanya untuk sekedar memberikan refresing pikiran, cukup dengan memandang indahnya laut berwarna biru yang dihiasi oleh perahu – perahu. Namun perahu tersebut bukan hanya untuk digunakan oleh para nelayan saja, melainkan bisa di sewa untuk para pengunjung yang ingin berkeliling sekitar pantai Kenjeran.

Sudah puas dengan berkeliling pantai, kalian dapat mengajak sahabat atau keluarga dengan menjelajah taman – taman yang ada di sudut area. Selain tamannya terawat dan tertata rapi, taman ini cukup indah dan cocok dijadikan sebagai latar foto. Kalian dapat berfoto atau selfie bersama sahabat atau keluarga agar dijadikan moment yang berkesan. Selain itu di taman ini terdapat area bermain beserta fasilitas yang telah disediakan misalnya ayunan, perosotan, dan jungkat – jungkit. Sehingga anak – anak senang  saat berada di taman. Kemudian terdapat fasilitas sewa kuda, jadi anak – anak beserta keluarga puas ketika berkunjung kesini. Selain itu banyak tempat – tempat lainnnya yang harus wajib anda kunjungi atau jangan sampai dilewatkan yaitu tempat peribadatan umat konghucu dan budha, diantaranya kelenteng Sanggar agung, Patung Dewi Kwan, dan Patung Budha Empat Wajah.

Info Lainnya:  30 Tempat Wisata di Purwakarta Yang Paling Populer

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi : Jalan Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Buka/Tutup: 24 jam

Harga Tiket Masuk

  • Kenjeran Park = Rp. 5.000
  • Atlantis Land = Rp. 100.000 ( Orang dewasa ), Rp. 125.000 ( Anak – anak )

Akses Menuju Kenjeran Park

Akses menuju ke Kejeran Park tidak rumit dan mudah dijangkau, karena lokasinya berdekatan dengan Jembatan Suramadu dan searah dengan Kampus Institute Teknologi Sepuluh November. Jadi bila menggunakan kendaraan pribadi, hanya memilih salah satu dari ketiga tempat yang hanya dijadikan pedoman. Kemudian ikuti rambu papan petunjuk arah. Pada dasarnya, Kenjeran Park berlokasi di Jalan Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Untuk wisatawan yang menggunakan pesawat terbang atau kendaraan umum, saat keluar dari Bandara Juanda langsung naik taksi untuk menuju ke lokasi Kejeran Park atau bisa menggunakan Damri jurusan Purabaya – Bungurasih. Setelah tiba di Bungurasih lalu naik bus kota jurusan Joyoboyo, lalu turun di terminal Joyoboyo, selanjutnya naik angkot Lyn P jurusan Joyoboyo – Kenjeran. Nah, setelah turun di terminal Kenjeran, kemudian berjalan kaki sekitar 500 meter atau bisa menaiki becak untuk menuju ke Kenjeran Park.

Untuk wisatawan yang menggunakan kereta api, turun di stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi.

  • Jika turun di Stasiun Pasar Turi, naik angkot jurusan Demak – Karang Menjangan. Kemudian naik angkot lagi jurusan Jembatan Merah – Keputih. Stelah tiba di keputih dilanjutkan naik angkot jurusan Joyoboyo – Bratang – Kenjeran hingga turun di terminal Kenjeran.
  • Untuk yang turun di stasiun Gubeng perjalanan tidak terlalu jauh dari Kenjeran Park, karena kalian menaiki angkot hanya satu kali saja yaitu jurusan Joyoboyo – Mulyosari – Kenjeran. Begitupun saat turun di Terminal Kenjeran langsung berjalan kaki ke tempat tersebut.